Ilustrasi. (Foto: KoinWorks)

MNEWS.co.id – Momentum Imlek menjadi celah yang potensial bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan, brand awareness, atau menjaga hubungan mereka dengan pelanggan lewat serangkaian program loyalitas.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah sudah mulai mempersiapkan strategi penjualan di momentum perayaan Imlek?

Sebelumnya, kamu mesti mencari tahu dulu apa saja persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang tidak boleh dilewatkan. Dengan demikian, usaha kamu pun bisa berjalan dengan lebih maksimal! 

Ini dia beberapa strategi yang dapat pelaku UMKM siapkan agar jualan semakin cuan dengan memanfaatkan momentum Imlek!

Stok Barang
Kamu mungkin berencana untuk tetap buka saat perayaan Tahun Baru Imlek nanti. Akan tetapi, supplier barang belum tentu tetap buka. Bisa saja, mereka memilih untuk menutup toko alias libur.

Untuk itu, kamu harus mencari tahu jadwal supplier lebih awal untuk mengetahui apakah mereka tetap buka atau tutup saat Imlek. Jika tutup, kamu bisa melakukan pengadaan stok barang lebih awal untuk menghindari kehabisan stok libur Imlek nanti.

Jangan lupa, lakukan analisis atas penjualan di tahun kemarin. Misalnya, kamu ingin menjual amplop angpao. Apabila saat Imlek kemarin kamu masih memiliki sisa amplop angpao dalam jumlah yang cukup banyak, pikirkan kembali apakah di tahun ini kembali akan menyetok dalam jumlah yang sama atau justru perlu dikurangi.

Begitu juga dengan barang-barang yang tidak tahan lama. Pikirkan ulang berapa banyak item yang akan kamu stok dan pastikan semuanya bisa laku terjual.

Dekor Toko agar Makin Meriah
Untuk memeriahkan dan menghadirkan suasana Imlek, kamu dapat menghias toko dengan dekorasi khas Imlek. Tidak harus mendekorasi ulang toko, cukup menghadirkan hiasan seperti lampion berwarna merah atau hiasan berbentuk naga sudah membuat suasana Imlek Naga Kayu terasa.

Suasana yang khas dan berbeda tentu bisa menjadi salah satu daya tarik pelanggan untuk mampir ke toko kamu, lho!

Lalu, bagaimana jika hanya memiliki toko online? Tenang saja, kamu tetap bisa memasukan unsur Tahun Baru Imlek pada foto atau poster promo yang dirilis. Tambahkan ornamen lampion, barongsai, naga, warna merah, atau apa pun itu yang memberikan kesan Imlek.

Program Spesial yang Berkaitan dengan Imlek
Mau meningkatkan penjualan dan menambah keuntungan? Ini dia persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang selanjutnya.

Buatlah sebuah program spesial di Tahun Baru Imlek yang mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke tokomu. 

Misalnya, untuk setiap pembelian produk atau jasa senilai Rp500.000, pelanggan bisa mendapatkan Lucky Angpao yang berisi voucher cashback atau voucher diskon untuk pembelian selanjutnya. Selain meningkatkan penjualan, loyalitas pelanggan juga bisa meningkat, lho!

Siapa tahu, pelanggan bukan hanya datang di saat menjelang perayaan besar saja, melainkan di hari-hari biasa. Tentu saja, setelahnya kamu perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan supaya mereka tak lari ke kompetitor, ya.

Promo Online
Ini dia persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang tak boleh kamu lewatkan. Melakukan promosi online lewat media digital bisa menjadi salah satu strategi jitu yang mampu menumbuhkan bisnis lebih cepat. Pertanyaannya, bagaimana caranya?

Kamu bisa membuat berbagai konten kreatif di media sosial, kemudian mengiklankannya lewat Instagram atau TikTok Ads. Kamu juga bisa membuat artikel blog yang SEO-nya sudah dioptimasi sehingga para pelanggan akan lebih mudah menemukan informasi mengenai toko atau bisnismu.

Perlu diingat, sediakanlah budget khusus untuk promosi di dunia digital supaya arus keuangan usa bisa lebih rapi dan teratur.

Layanan pelanggan yang prima
Layanan pelanggan yang prima juga penting untuk membangun kepercayaan konsumen. Pastikan kamu memberikan layanan pelanggan yang cepat dan ramah, serta menyelesaikan masalah konsumen dengan cepat dan tepat.

Dengan menerapkan strategi jualan di atas, pelaku UMKM bisa memanfaatkan momentum Imlek untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis.

Semoga di tahun Naga Kayu ini usaha kamu akan semakin cuan!