Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MNEWS.co.id – Dalam era digital, keberadaan online menjadi sangat penting untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan eksposur bisnis. UMKM perlu memahami tren dan perubahan perilaku konsumen yang semakin mengarah ke platform digital.

Dengan memiliki kehadiran digital atau online yang kuat, UMKM dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan meningkatkan penjualan mereka.

Langkah pertama dalam memperkuat kehadiran digital adalah dengan membuat dan mengoptimalkan situs web atau toko online. Pastikan situs web UMKM memiliki desain yang menarik, ringkas, dan mudah digunakan.

Selain itu, jangan lupakan pentingnya mengoptimasi situs web untuk mesin pencari agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Baca Juga: Membangun Digital Presence: Strategi Komunikasi yang Baik di Media Sosial untuk UMKM

Langkah berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial secara efektif untuk mempromosikan bisnis UMKM. Buatlah strategi konten yang menarik dan relevan untuk menarik perhatian audiens.

Gunakan platform media sosial yang tepat sesuai dengan target pasar bisnismu. Berikan konten yang bermanfaat, responsif terhadap pertanyaan pelanggan, dan aktif dalam berinteraksi dengan pengikut.

Langkah lainnya adalah menjalin interaksi dengan komunitas bisnis dan pelaku UMKM lainnya juga dapat membantumu untuk memperluas jaringan dan membangun kemitraan yang saling menguntungkan.

Hadiri acara atau seminar terkait sektor usahamu dan jadilah bagian dari komunitas atau asosiasi bisnis lokal. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, peluang untuk berkolaborasi dan mendapatkan pelanggan baru akan semakin meningkat.

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah dengan memperhatikan pengalaman pelanggan. Menyediakan pengalaman pelanggan yang baik adalah kunci keberhasilan bisnis. Pastikan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan berkualitas, mulai dari proses pembelian hingga layanan purna jual.

Dengan memberikan pengalaman pelanggan yang positif, pelanggan akan cenderung merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengembangkan basis pelanggan.

Di era digitalisasi, pelaku UMKM juga harus terus mengikuti perkembangan teknologi yang relevan dengan bisnisnya. Pahami tren baru, perubahan platform, dan aplikasi bisnis yang dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan daya saing UMKM. Manfaatkan inovasi dan teknologi yang tersedia untuk membantu mengelola inventaris, keuangan, dan pemasaran.

Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu para pelaku UMKM dalam menghadapi era digital yang terus berkembang.