MNEWS.co.id – Nona Rara, salah satu jenama fesyen lokal merayakan perjalanan transformasinya dari awal yang sederhana, hingga menjadi simbol tradisi dan pemberdayaan di industri batik dengan omzet mencapai belasan miliar. Inti dari jenama Nona Rara Batik tecermin dalam prinsip yang dibawanya, “Dari Komunitas untuk Komunitas”.
Tepat 13 tahun lalu, jenama fesyen rintisan Pipiet Noorastuti, bersama dengan Yosep Dimas dan Atiek Octrina ini lahir dari semangat untuk memberdayakan para pengrajin batik dan penjahit lokal di lingkungan terdekatnya di Solo, Jawa Tengah.
Nona Rara Batik pun lahir dan menjadi sosok jenama lokal yang masih ‘hijau’, beroperasi dari balik layar Facebook dan sebuah toko kecil di ITC Kuningan.
Kini, Nona Rara Batik berkembang kian pesat dan menjangkau komunitas pengrajin batik yang lebih besar di Cirebon, Pekalongan, Solo, Jogja, Tasik, dan Wonogiren.
Di tengah misi ini, pelestarian dan perayaan teknik batik otentik, khususnya batik tulis dan batik cap, menjadi pokok perhatian sekaligus esensi utama jenama Nona Rara Batik yang tak pernah dikesampingkan.
“Baik komunitas pelanggan dan komunitas pengrajin kami sangat merasakan kedalaman Nona Rara Batik. Mereka bukan hanya pelanggan dan pengrajin pada umumnya; mereka juga memahami narasi, akar, dan visi kami.” ungkap Pipiet Noorastuti, pendiri Nona Rara Batik.
Dengan skala bisnis Nona Rara Batik saat ini yang sudah menjadi top-of-mind jenama fesyen batik, memenuhi tuntutan dari pasar dan konsumen pun menjadi sebuah tantangan tersendiri.
Meski demikian, Nona Rara Batik tetap setia pada proses pembuatan batik yang tradisional dan otentik demi melestarikan nilai budaya dan kesejahteraan para pengrajinnya, dan enggan untuk menggunakan alternatif lain yang sudah sering terlihat di pasaran saat ini.
“Koneksi yang terjalin antara brand dan komunitas-komunitas ini tak hanya mengubah mereka menjadi pemangku kepentingan dan membuat brand lebih relatable saja, namun interaksi tidak langsung yang terjalin di dalamnya juga telah ‘memanusiakan’ brand dan akibatnya, brand pun dapat memberikan impak positif yang nyata dalam hal omset dan pertumbuhan,” tambahnya.