Ilustrasi parfum. (Foto: Freepik/master1305)

MNEWS.co.id – Memulai bisnis parfum bukan hanya tentang “menjual wewangian”, tetapi juga mewujudkan passion dalam menciptakan aroma khas dan unik yang akan menemukan pasarnya sendiri.

CEO sekaligus Founder Alchemist Fragrance Naya Tinanda Nabila mengatakan, industri parfum lokal saat ini mengalami pertumbuhan yang pesat, namun banyak pelaku usaha yang lupa akan esensi atau nilai yang ingin disampaikan.

“Kalau industri lagi berkembang banget itu banyak yang mau masuk juga, tapi jangan melupakan esensi atau ‘value‘ nya apa. Mau masuk untuk menjawab apa? Dan apa yang lain belum punya tapi aku punya? Itu harus ada dan jangan dilupakan,” kata Naya dikutip MNEWS.co.id dari Antara.

Alchemist Fragrance merupakan merk parfum lokal yang menghadirkan parfum berkualitas tinggi yang berakar pada ilmu kimia wewangian dan sains.

Alchemist Fragrance berfokus untuk meramu wewangian dengan bahan-bahan terbaik sambil mengeksplorasi pengaruh ilmiah dari wewangian terhadap pikiran dan jiwa, yaitu antara indera penciuman dan efeknya terhadap otak.

Diluncurkan pada 8 April 2022 lalu, Alchemist Fragrance bertujuan untuk menciptakan wewangian klasik yang istimewa dengan menanamkan sudut pandang modern dalam proses kreatifnya.

Naya pun membagikan beberapa tips bagi mereka yang ingin memulai bisnis parfum. Berikut beberapa di antaranya.

Kenali Pasar
Dalam memulai usaha parfum, mengenali pasar yang dituju menjadi hal yang krusial. Sejak awal perlu memiliki pemahaman yang jelas mengenai siapa target pasar yang akan digaet.

Naya menjelaskan, memahami dengan baik siapa pasar yang dituju dan identifikasi apa yang belum ada di pasaran namun bisa hadirkan juga penting, karena menjadi kunci utama dalam membedakan diri dari pesaing.

Manfaatkan Digitalisasi
Era digital sangat mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dengan digitalisasi, penghalang untuk memulai penetrasi menjadi lebih rendah, sehingga memudahkan untuk memasuki pasar.

“Jadi baik itu sosial media, platform e-commerce sangat membantu untuk kita bisa menggapai audience lebih besar yang tadinya itu mungkin kalo kita lakukan sendiri sulit,” ujar Naya.

Namun, di sisi lain, pemanfaatan digitalisasi juga memerlukan pemahaman yang baik mengenai celah pasar, strategi yang tepat, dan siapa target pasar yang akan dituju.

Terlebih e-commerce bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menggaet konsumen yang jauh atau tidak dapat digapai dengan mudah.

Memanfaatkan era digital dan berkolaborasi dengan platform-platform e-commerce menjadi strategi yang sangat efektif untuk memulai dan mengembangkan usaha parfum kita.

Tentukan Niche dan Keunikan Produk
Menentukan niche bisnis parfum akan membantu dalam membedakan brand dari pesaing. Mungkin kamu ingin fokus pada parfum alami, parfum vegan, atau aroma khusus untuk acara-acara tertentu. Temukan keunikan produk dan tawarkan nilai tambah yang membuat pelanggan tertarik untuk memilih parfum dari brand kita.

Kualitas Bahan yang Berkualitas Tinggi
Kualitas adalah kunci kesuksesan dalam bisnis parfum. Pastikan menggunakan bahan yang berkualitas tinggi untuk menciptakan wangi yang autentik dan tahan lama. Berkualitas tinggi tidak hanya menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggan, tetapi juga membantu membangun reputasi positif untuk bisnis.

Bangun Branding yang Kuat
Branding yang kuat membantu menciptakan identitas yang akan dikenali dan diingat oleh konsumen. Keterlibatan brand dalam kampanye-kampanye yang terencana dengan baik akan membantu meningkatkan kesadaran pelanggan dan menguatkan citra produk di mata konsumen.

Pemahaman yang Baik tentang Regulasi dan Perizinan
Sebelum meluncurkan bisnis parfum, pastikan untuk memahami regulasi dan perizinan yang berlaku di wilayahmu. Ini termasuk ketentuan terkait bahan-bahan yang digunakan, label produk, dan persyaratan produksi yang aman dan berkualitas.

Konsistensi adalah Kunci
Sama seperti ketika merintis bisnis di sektor lain, dalam usaha parfum pun diperlukan ketekunan dan komitmen untuk bertahan dalam persaingan pasar. Teruslah belajar dan berinovasi, terlibat dengan komunitas industri parfum, dan selalu mendengarkan umpan balik pelanggan untuk terus berkembang.

Membangun usaha parfum sendiri memang memerlukan waktu dan dedikasi. Tetapi dengan passion yang kuat, komitmen, dan konsistensi, niscaya kita dapat menciptakan bisnis parfum yang unik dan sukses.