Ilustrasi konveksi. (Foto: Freepik/cookie_studio)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia. Pakaian dari hari-ke-hari mengalami perubahan tren dan juga fungsi. Hal ini menjadikan bisnis pakaian atau konveksi masih menjadi bisnis yang tidak akan pernah mati. Meski bukan peluang yang besar, bisnis konveksi nyatanya masih menjadi peluang usaha yang masih banyak dirintis oleh pengusaha pemula.

Konsep konveksi itu adalah memproduksi pakaian secara massal atau dalam jumlah banyak. Oleh karena produksinya banyak, konvensi akan menyasar seragam organisasi atau perusahaan. Namun, tingkat bertahannya tergantung pada strategi pelaku usaha tersebut.

Dikutip dari Tempo, berikut tips memulai usaha konveksi bagi pemula.

Amati tren mode
Awalnya, tentukan produk apa yang mau diproduksi, entah itu baju anak, kaus pria, atau wanita. Setiap hari terus bermunculan tren fashion baru. Setiap saat selalu ada perubahan. Tak hanya model atau desain, permintaan juga berubah mengikuti musim. Misalnya saat Lebaran, momentum tersebut membuat permintaan pakaian meningkat. Oleh karena itu, produksi harus ikut tren permintaan pasar. Dengan produksi pakaian beragam, mulai dari baju muslim, kerudung, mukena, hingga baju koko.

Manfaatkan lingkungan di sekitar
Usaha konveksi bisa dijadikan bisnis rumahan dan mempekerjakan orang terdekat, seperti saudara, keluarga, atau tetangga. Tidak perlu modal fantastis, mulailah bisnis konveksi dengan anggaran kemampuan yang ada. Sesuaikan alat-alat produksi, tempat usaha, karyawan, serta biaya pemasaran dengan dana yang dimiliki.

Jadi agen grosir
Bagi perintis usaha konveksi bermodal minim, menjadi agen grosir bisa dipertimbangkan. Anda bisa memulainya dengan menjadi agen kaus polos. Produk semacam kaus polos hanya memerlukan modal untuk jahit dan kain sehingga meminimalkan anggaran untuk sablon.

Peluang usaha konveksi masih banyak diminati oleh para pebisnis. Permintaan pasar akan kebutuhan pakaian masih relatif meningkat dan hal ini menyebabkan banyak peluang terbuka untuk usaha konveksi.