Ilustrasi dekorasi ruangan. (Foto: Freepik/Salavazia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Memiliki rumah dengan ruangan yang tidak terlalu besar merupakan tantangan tersendiri bagi pemilik rumah. Ruangan yang kecil dapat membuat rumah menjadi terkesan berantakan dan sumpek, oleh karena itu perlu trik khusus agar ruangan yang terbatas bisa terlihat luas.

Namun pada dasarnya terdapat beberapa langkah mudah untuk membuat ruangan sebuah hunian tampil lebih luas. Dikutip dari Kompas.com, simak 6 tips berikut agar ruangan terlihat luas.

  • Pilih Warna Cat Terang
    Hindari pemilihan warna gelap pada cat dinding untuk menghindari kesan sempit. Pilih warna cat dinding atau lantai yang berwarna terang seperti warna-warna biru dan hijau yang lembut untuk menghasilkan kesan ruangan menjadi terlihat luas.

    Perabotan yang memiliki warna yang sama dengan dinding juga mampu menghasilkan ilusi seakan-akan ruangan menjadi lebih lapang. Sebaliknya, jika menggunakan warna yang kontras antara perabotan dengan dinding bisa menciptakan kesan ruangan yang sempit.
  • Maksimalkan Cahaya di Dalam Ruangan
    Keberadaan cahaya yang terang bisa menjadi pendukung untuk menciptakan kesan ruangan yang lapang.  Manfaatkan sinar matahari langsung atau lampu yang terang. Agar cahaya matahari bisa maksimal di dalam ruangan, hindari penggunaan tirai yang berwarna gelap atau bertekstur tebal di jendela.
  • Gunakan Cermin
    Penggunaan cermin di dinding bisa menciptakan kesan ruangan menjadi lebih luas. Gunakan cermin berukuran sedang atau besar, posisi cermin yang berada di seberang jendela juga bisa menciptakan ruangan yang lebih terang.

    Tidak hanya bisa menciptakan kesan ruangan yang luas, penggunaan cermin dengan bingkai yang menarik atau senada dengan konsep ruangan juga bisa menjadi dekorasi yang unik.
  • Pilih Perabotan Berukuran Besar
    Menggunakan perabotan yang berukuran besar bisa menjadi cara untuk menciptakan ruangan menjadi tampak lebih lapang. Akan tetapi perlu diingat, bahwa penggunaan perabotan yang berukuran besar tidak boleh terlalu banyak. Gunakan satu atau dua perabotan saja dan maksimalkan fungsinya. Jika terlalu banyak perabotan, ruangan malah akan terlihat menjadi lebih sempit.
  • Perabotan Multifungsi Jadi Solusi
    Dengan memanfaatkan perabotan multifungsi, ruangan akan menjadi terlihat lebih minimalis. Pilih perabotan yang dapat berfungsi untuk berbagai hal misalnya lemari baju yang memiliki kapasitas juga sebagai lemari untuk menaruh buku atau peralatan lainnya. Seperti yang sudah disebutkan tadi, perabotan dengan ukuran yang besar juga bisa menciptakan kesan ruangan menjadi terlihat luas.
  • Posisi Barang yang Rapi Jadi Kunci
    Penataan barang yang rapi dan tertata merupakan kunci agar ruangan menjadi terlihat bersih dan juga luas. Barang-barang seperti buku, koleksi CD musik, atau berbagai koleksi lainnya perlu ditata sedemikian rupa di tempat khusus. Letak barang yang ditaruh sembarang akan menimbulkan kesan berantakan sehingga ruangan menjadi terlihat sempit dan bisa juga tampak kotor.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seseorang ketika hendak mendekorasi rumah mereka, mulai dari ukuran furnitur, pemilihan warna, hingga fungsi perabotan yang ingin dipajang.