Libatkan UMKM Program 10 Juta Masker Pemprov Jabar Rampung. (Foto: Bisnis.com)

Bandung, MNEWS.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah merampungkan program membeli 10 juta masker produk UMKM untuk membantu para pelaku bangkit kembali setelah dihantam krisis akibat Covid-19.

“Alhamdulillah, 10 juta masker sudah selesai dan disdistribusikan,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji yang akrab disapa Tutus.

Tutus menjelaskan, pendistribusian masker itu dilakukan ke beberapa kepala daerah di 27 kabupaten/kota. Rata-rata, setiap daerah mendapatkan 200 ribu.

“Itu kemarin, kami distribusikan ke Kota Bandung, 200 ribu. Lalu ke masyarakat juga. Tapi, saya prioritaskan ke gugus tugas kabupaten/kota untuk pendistribusiannya,” tambahnya.

Walaupun, menurut Tutus, ada saja masyarakat yang datang langsung meminta masker ke kantornya. ada saja masyarakat yang datang langsung meminta masker ke kantornya. Mereka berasal dari kelurahan, desa, dan RW kadang ada yang langsung datang. Tutus menambahkan pihaknya memberikan masker ke kabupaten/kota menyesuaikan dengan kebutuhan. Tapi rata-rata mendapat jatah antara 100 sampai 200 ribu.

“Total 10 juta masker sudah beres diproduksi. Anggrannya Rp50 miliar. Tapi, tadi ada usulan lagi dari Kota Bogor ingin masker 200 ribu kita nanti akan pikirkan,” ungkapnya.

UMKM yang dilibatkan ada sebanyak 625 pelaku usaha.  Setiap satu UMKM mendapatkan pekerjaan membuat 10 ribu. Namun, ada juga yang mendapatkan 40 ribu dan ada yang 20 ribu. Hal itu diketahui dari beberapa UMKM yang memberi testimoni banyak yang mengucapkan terima kasih dengan adanya progam ini.

 “Karena banyak juga UMKM kecil yang jadi gabungan. Jadi ada yang tukang jahitnya aja. Upaya-upaya sudah ada. Ekonomi jadi bergerak lagi,” katanya.

Terkait bahan masker yang digunakan, lanjutnya, ada kain toyobo, kain jepang dan bahan scuba yang sudah terlanjur dibuat jadi rangkap dua dengan pelapis.

“Untuk beberapa daerah yang bukan zona merah diberikan scuba tapi cara penggunaannya harus diperhatikan. Karena yang scuba ini tanggung sudah dibuat,” tambah Tutus.

Sebelumnya, Pemprov Jabar melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil tengah awalnya mencanangkan pembelian 8 juta masker dari pelaku UMKM di Jabar untuk mendongkrak perekonomian di tengah pandemic Covid-19 sejak pertengahan tahun ini. Pembelian masker tersebut merupakan pembelian tahap kedua masker yang sedang berjalan. Namun, dalam perkembangannya bertambah menjadi 10 juta masker.