Ilustrasi. (Foto: BRI)
Ilustrasi. (Foto: BRI)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pandemi virus corona atau Covid-19 bukan hanya menuntut perhatian pemerintah pada masalah kesehatan tapi juga imbas ekonominya. Katadata Insight Center mencatat tiga provinsi yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur dengan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang rentan terseret imbas pandemi corona.

“Ketiga provinsi ini jumlah penduduknya banyak dan merupakan pusat perekonomian Indonesia karena jumlah UMKM banyak,” kata Direktur Riset Katadata Mulya Amri dalam acara Press Briefing “Siapkah Daerah Menghadapi Pandemi: Peluncuran Indeks Kerentanan Provinsi terhadap Covid-19” di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Mulya memaparkan, rata-rata jumlah UMKM di ketiga provinsi tersebut sekitar 4 juta. Sehingga, UMKM diperkirakan bakal rentan dalam menghadapi pandemi corona.

Berdasarkan riset Katadata Insight Center, indeks kerentanan Jawa Barat berada di level 43.59 dari nilai kerentanan tertinggi 47.05 yang disandang DKI Jakarta. Sementara indeks kerentanan Jawa Tengah tercatat 28.36 dan Jawa Timur 30.67. Berikut Databoks mengenai indeks kerentanan provinsi di Indonesia menghadapi Covid-19:

Dengan indeks kerentanan yang cukup tinggi tersebut, Mulya mengingatkan, ketiga provinsi ini harus mendapatkan perhatian lebih dalam penanganan Covid-19. “Serta harus dipikirkan bagaimana ketiga provinsi ini bisa lebih siap menghadapi Covid-19,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here