Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Papua Street Carnival yang digelar di area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura pada Jumat (7/7/2023). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

MNEWS.co.id – Produk ekonomi kreatif (ekraf) karya pelaku UMKM Papua mempunyai potensi besar dan semakin mendapatkan apresiasi yang luar biasa, tidak hanya dari masyarakat lokal, tetapi juga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketika membuka secara resmi Papua Street Carnival di Kota Jayapura, Papua pada Jumat (7/7/2023), Jokowi mengatakan telah melihat lompatan besar hasil karya anak muda Papua sejak diresmikannya Papua Youth Creative Hub (PYHC).

“Saya melihat PYHC saat diresmikan dan kini melihat perkembangannya. Saya meyakini anak Papua bisa lakukan lompatan besar,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan dirinya telah melihat berbagai produk Papua; baik kopi, ikan asap, hingga produk desainer.

“Kalau tidak percaya silakan masuk ke lokasi pameran dan melihat sendiri betapa yang namanya packaging produk-produk Papua baik itu kopi, baik itu ikan asap, dan produk-produk lainnya yang berkaitan dengan fashion designer betul-betul lompatannya kelihatan sekali. Desain-desain sangat bagus dikemas dalam kemasan—dalam packaging yang brand-nya didesain dengan sangat baik,” ucap Jokowi dikutip MNEWS.co.id dari keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Apalagi kini, lanjut Jokowi, anak muda Papua sudah bisa memproduksi handphone maupun laptop yang semuanya dapat dilakukan di Indonesia bagian Timur, di tanah Papua.

“Kini, industri kreatif Papua seperti apa, sudah bisa dilihat semua hari ini,” ujar Presiden.

Papua Street Carnival yang mengangkat tema “Papua Extravaganza (The East Great Spirit)” merupakan sebuah perayaan bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di seluruh wilayah Papua.

Kegiatan ini menampilkan pameran UMKM kreatif serta ribuan pelaku ekonomi kreatif dan disemarakkan dengan parade ratusan busana karnaval dan perahu hias.