Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 akan mendekati puncaknya beberapa hari lagi. Menyambut momentum Harbolnas tersebut bagi para pelaku bisnis khususnya UMKM, merupakan suatu peluang serta kesempatan potensial untuk meningkatkan omzet penjualan.

Sedangkan para pembeli juga sudah menyiapkan dana untuk memborong banyak kebutuhan dengan harga murah. Selain pelanggan merasa puas dengan promo belanja, penjual pun merasakan hal yang sama karena transaksi meningkat drastis.

Untuk itu berikut ini merupakan hal penting yang harus Anda lakukan agar penjualan pada momen Harbolnas akan terus meningkat.

Pastikan Stok Barang Cukup

Saat Harbolnas pastikan stok barang dagangan Anda cukup untuk memenuhi pesanan pembeli. Karena pada momen itu biasanya sejumlah promo menarik yang Anda buat akan menarik banyak calon pembeli yang akan mengunjungi toko Anda. Dan tidak dapat dipungkiri hal tersebut akan membuat toko Anda kebanjiran pesanan.

Oleh karena itu perlu bagi Anda untuk mempersiapkan stok barang yang cukup, meskipun kemungkinan rasio keuntungan per item tidak akan sebesar penjualan normal biasanya. Namun jangan khawatir karena Anda akan tetap mendapatkan keuntungan yang cukup besar karena banyaknya jumlah barang yang akan terjual.

Buat Promo Diskon Khusus Harbolnas

Apabila Anda ingin meningkatkan penjualan di momen ini, pastikan Anda memberikan promo harga spesial hanya di hari itu saja. Tujuannya, supaya calon pembeli tertarik untuk belanja saat itu juga, sebab di keesokan hari diskon tersebut tidak akan berlaku lagi.

Perlu Anda ketahui, sebagian besar konsumen sangat menyukai diskon. Walaupun diskon nominalnya di bawah 50% sekalipun. Selain itu, Anda bisa memberikan promo diskon misalnya 15% di pembelian barang kedua, jadi pelanggan akan mendapatkan dua barang dengan setengah harga normal. Ini akan menjadi promo yang sangat menggiurkan.

Buat Konsep yang Unik

Selain memberikan diskon potongan harga, Anda juga bisa mencoba berbagai konsep promo yang unik dan berbeda dari biasanya. Misalnya memberikan diskon berdasarkan nama atau ulang tahun. Bisa juga dengan menerapkan strategi bundling, cross selling, atau upper selling dimana Anda untuk memberikan nilai tambah pada produk yang akan dibeli konsumen. Semakin unik promo yang ditawarkan, akan semakin mudah untuk menarik perhatian konsumen.

Berikan Gratis Ongkir

Saat momen spesial seperti Harbolnas tiba, tidak ada salahnya jika Anda memberikan gratis ongkir untuk para pembeli. Namun Anda pun harus memberikan syarat tertentu agar tidak membuat bisnis Anda merugi. Misalnya, syarat dengan minimal pembelian 100 ribu rupiah, maka konsumen berhak mendapatkan gratis ongkir dalam kota, atau subsidi ongkir untuk pengiriman di luar pulau Jawa, dan lain sebagainya. Untuk hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebijakan digital business masing-masing.

Buat Iklan yang Menarik

Selain menawarkan banyak diskon dan keuntungan yang menggiurkan, jangan lupa untuk membuat iklan yang menarik juga untuk mempromosikan momen ini. Salah satunya bisa berupa iklan dalam bentuk video kreatif, atau sekadar foto dan ilustrasi yang unik. Bukan hanya marketplace atau e-commerce besar saja, online shop menengah dan kecil-kecilan tentunya akan melakukan promosi besar-besaran untuk meningkatkan penjualan di momen ini.

Semua konsumen tentu senang dengan yang namanya promo. Inilah mengapa banyak pesta belanja online dinanti-nantikan oleh konsumen maupun bisnis. Makanya banyak brand berlomba-lomba untuk memberikan promo menarik dan diskon besar-besaran terutama menjelang akhir tahun.