Ilustrasi. (Foto: Kemenkop UKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) DKI Jakarta mendorong para anggotanya untuk melek digital serta memiliki kemampuan menggunakan semua sarana digital agar mampu menembus pasar dunia. Untuk bangkit dari keterpurukan masa pandemi, para pengusaha didorong untuk berkolaborasi dan bermitra dalam berbagai usaha.

Ketua Umum DPD Iwapi DKI Jakarta Endah Ansoroeddin mengatakan, digitalisasi usaha ini memberikan berbagai keuntungan bagi para pengusaha. Bahkan pemilik restoran Dapur Sunda ini mengaku telah merasakan manfaat melek digital karena usaha restorannya banyak terbantu dengan sarana digitalisasi tersebut.

“Masa dua tahun pandemi mengajarkan kita semua bahwa kegiatan digital dalam segala bidang usaha adalah menjadi sangat penting di semua lini. Baik dalam bidang pemasaran promosi penjualan, logistik, distribusi, maupun konsolidasi, dan monitoring serta mempersingkat manajemen waktu,” kata Endah.

DPD Iwapi DKI Jakarta juga mendukung pemberian pelatihan dan pendidikan dalam berbagai bentuk pendanaan seperti dengan Bank DKI, Koperasi Mega Buana, dan Fintech Gandeng Tangan. Endah menambahkan, selama ini pendanaan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) masih menjadi kendala.

“Selama ini pendanaan UMKM yang menempati proporsi 80 persen keanggotaan merupakan pekerjaan rumah tersendiri bagi setiap DPD. Untuk itu, DPD Iwapi DKI telah melakukan nota kesepahaman dengan mitra perbankan, koperasi dan perusahaan swasta,” tambahnya.

Untuk pelatihan digital, DPD Iwapi bekerja sama dengan Andalworks, pelatihan manajemen dan pemasaran dilakukan dengan mitra Coach Fahran, serta membuka pasar ekspor dengan Eropa bersama pemda DKI Jakarta dan PT Roemah Indonesia Amsterdam-Belanda. Ke depan, juga akan dilakukan penandatanganan kerja sama dengan Rumah Indonesia Prancis.

“Langkah ini, diharapkan dapat menjadi program inti dan kegiatan terus menerus yang akan diwariskan perkembangan positifnya pada para Ketua Umum DPD Iwapi Provinsi DKI Jakarta selanjutnya, sesuai dengan visi misi Iwapi, mensejahterakan anggota, memberdayakan perempuan agar dapat memutarkan roda perekonomian Indonesia nantinya,” pungkasnya.