Ilustrasi brand awareness. (Foto: Shutterstock)

MNEWS.co.idBrand Awareness menunjukkan seberapa banyak target audiens mengenal dan memberikan respon terhadap produk kamu. Sebagai seorang pelaku UMKM yang sedang membangun bisnis, tentu saja salah satu tujuan yang ingin dicapai adalah agar brand kamu dikenal dengan baik oleh target audiens.

Jika mereka belum mengenal brand kamu dan memilih yang lain, berarti Awareness audiens akan jenamamu masih perlu ditingkatkan.

Dengan menerapkan strategi Brand Awareness yang efektif, jenama usahamu akan selalu terpatri di benak target audiens terkait produk atau jasa tertentu.

Contohnya, jika produk ingin mencari produk camilan sehat, maka target audiens terlebih dahulu mengingat brand kamu. Ini berarti brand kamu sudah sukses menempati posisi “top of mind” dari target audiens yang dituju.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan brand awareness sehingga terus diingat oleh audiens. Simak tips berikut yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.

Pilih Gambar atau Simbol untuk Mewakili Brand Kamu
Pikirkan matang-matang simbol ataupun gambar yang paling mewakili brand usahamu. Hal ini bertujuan agar ketika audiens melihat simbol atau gambar tersebut, mereka langsung mengingat brand kamu. Ciptakan simbol atau gambar yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, sehingga selalu muncul dalam kampanye serta iklan brand kamu.

Buat Slogan yang Singkat Tapi Menarik
Just Do It“, “I’m Loving It“, “Mulai Aja Dulu, “Selalu di Depan”. Familiar dengan slogan tersebut?

Slogan adalah rangkaian yang menyampaikan semangat suatu brand dengan cara sesingkat mungkin. Slogan menjadi landasan dari brand awareness yang kuat.

Dengan sedikit kata, audiens dapat menangkap apa nilai yang ditawarkan oleh produk kamu. Jika kamu berhasil menciptakan slogan yang menarik, audiens akan terus mengingat produk kamu hanya dengan mendengar atau membacanya.

Memaksimalkan Kanal Media Sosial
Setiap media sosial memiliki target audiens yang berbeda-beda, sehingga pelaku UMKM bisa menyesuaikan konten brand-nya dengan masing-masing platform. Melalui media sosial, kamu juga dapat membangun interaksi dengan target audiens. Jadi usahakan untuk menjalin komunikasi dengan mereka, ya.

Coba Strategi Co-marketing
Co-marketing merupakan salah satu strategi yang dapat diaplikasikan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan brand awareness. Kamu bisa memperluas audiens melalui kolaborasi atau kerja sama dengan brand lain atau bersama influencer. Kesempatan ini juga dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk memperkenalkan brand ke audiens yang berbeda dari sebelumnya.

Pasang Iklan di Berbagai Platform Digital
Iklan merupakan salah satu alat yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk membuat target audiens mengetahui tentang brand kamu. Kamu bisa mengiklankan produk dengan iklan online di berbagai platform, misal Instagram Ads atau Youtube Ads. Maksimalkan kampanye iklan untuk memperluas jangkauan brand serta membesarkan nama brand kamu. Harapannya, semakin banyak yang tahu tentang brand kamu, maka dapat berdampak pada peningkatan angka penjualan produk.

Melalui penerapan strategi brand awareness yang efektif, pelaku UMKM bisa mendapatkan beragam manfaat untuk pengembangan bisnisnya. Itulah sebabnya, pelaku UMKM perlu untuk peduli dengan penerapan strateginya dan tidak ragu berinvestasi dalam meningkatkan brand awareness mereka.