Ilustrasi Aromaterapi. (Foto: Hello Sehat)

Jakarta, MNEWS.co.id – Aromaterapi banyak digunakan sebagai perawatan alternatif untuk berbagai kondisi kesehatan. Mulai dari stres, masalah pencernaan, insomnia, depresi, dan lain-lain. Tak heran kalau semakin lama semakin mudah buat Anda untuk menemukan berbagai produk aromaterapi yang katanya berkhasiat bagi tubuh.

Aromaterapi adalah cara memanfaatkan minyak alami yang diekstrak dari tumbuhan dengan tujuan meningkatkan kesehatan secara fisik maupun psikis. Minyak yang digunakan adalah minyak esensial yang terbuat dari berbagai tanaman obat, bunga, herbal, akar, buah, dan pepohonan yang tumbuh di seluruh dunia.

Berbagai aromaterapi digunakan dari waktu ke waktu. Mulai dari masker tanah liat, minyak, krim, losion, garam mandi, penyemprot, lilin, hingga difuser. Setiap jenis aromaterapi bisa digunakan sendiri-sendiri maupun dikombinasikan.

Dikutip dari CNN Indonesia, aromaterapi adalah terapi pelengkap bukan sebagai obat untuk penyakit, tetapi mendukung penyembuhan untuk berbagai kondisi. Saat aromaterapi digunakan, wangi akan menguap dan menyebar ke seluruh ruangan. Menghirup wangi aromaterapi dapat merangsang sistem penciuman, otak, dan organ lainnya.

Molekul dari aromaterapi akan masuk ke hidung mengalir ke paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Saat mencapai otak, molekul tersebut akan mempengaruhi sistem limbik yang terkait dengan emosi, detak jantung, tekanan darah, pernapasan, memori, stres, dan keseimbangan hormon.

Aromaterapi yang langsung diaplikasikan ke tubuh juga memberikan manfaat dengan langsung menyerap ke dalam tubuh dan menyebar ke seluruh bagian tubuh. Beberapa manfaat aromaterapi atau minyak essensial untuk kesehatan yaitu;

  • Mual dan Pegal-pegal
  • Stres, kecemasan, agitasi (sindrom yang menggambarkan keadaan dimana terjadi aktivitas psikomotor yang tidak terorganisir), dan depresi
  • Kelelahan dan insomnia
  • Sakit otot
  • Sakit kepala
  • Masalah peredaran darah
  • Masalah menstruasi
  • Masalah menopause
  • Rambut rontok

Namun, perlu ajuran dari profesional tentang penggunaan dan aplikasi aromaterapi atau essential oil pada penderita psoriasis. Selain itu, masalah pencernaan juga mungkin mendapat manfaat dari minyak peppermint. Namun, ini sebaiknya tidak dicerna secara langsung. Begitu juga dengan sakit gigi dan sariawan yang bisa diatasi dengan minyak cengkih, ini sebaiknya hanya dioleskan dan tidak tertelan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here