Kios Putu Elok, salah satu kios UMKM Depok yang berlokasi di Alfamidi Super Limo Raya, Depok. (Foto: Istimewa/Depok)

Depok, MNEWS.co.id – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok terus berupaya menyelesaikan pengadaan 1.000 kios usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Disperdagin Kota Depok menargetkan akan merampungkan pengadaan 1.000 kios UMKM pada tahun anggaran 2020. Hingga saat ini total kios yang telah disediakan sebanyak 923 unit kios UMKM.

Kepala Bidang Sarana dan Bina Perdagangan, Disperdagin Kota Depok, Diana Puspitasari mengatakan pengadaan kios UMKM dimulai pada 2017 sebanyak 200 unit. Kemudian pada 2018 sebanyak 423 unit dan pada 2019 sebanyak 300 unit.

“Kami akan membuat 77 kios UMKM lagi, sehingga kami pastikan tahun ini Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk 1.000 kios UMKM tercapai,” katanya.

Diana menjelaskan salah satu tujuan pengadaan 1.000 kios UMKM tersebut untuk menata pedagang yang tidak memiliki lokasi pasti. Salah satunya mereka yang berjualan di depan gerbang sekolah. Lokasi penempatan kios UMKM ini tersebar di fasilitas sosial dan milik Pemkot Depok, toko swalayan, dan ritel.

Selama empat tahun ini, Disperdagin Kota Depok bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok terus berkolaborasi untuk memenuhi target RPJMD 2016-2021 tersebut. Khususnya terkait pengadaan dan pemanfaatan kios UMKM.

“Kami juga terus melakukan perbaikan dan relokasi untuk kios-kios UMKM agar masyarakat dapat memanfaatkannya,” tambah Diana.