Ilustrasi. (Foto: Pexel)
Ilustrasi. (Foto: Pexel)

Jakarta, MNEWS.co.id – Masih banyak pelaku UMKM yang belum menyadari bahwa mengelola sebuah media sosial, terlebih untuk bisnis online, sangatlah penting untuk mencapai tujuan dari bisnis online tersebut.

Teknik mengelola media sosial harus dipikir secara matang dan mempersiapkan apa yang dibutuhkan, karena hal itu akan membantu untuk memastikan efektivitas media sosial yang digunakan untuk kegiatan marketing. 

Tak hanya efektivitas konten yang dihasilkan tetapi juga akan ada dampak yang ada terhadap bisnis, serta jasa atau produk yang ditawarkan. Karena sebagai pemilik dari bisnis online pastinya harus mengerti mengenai pentingnya mengelola media sosial yang digunakan dan masih ada sebagian orang yang merasa bahwa akan memakan waktu yang lama sehingga mengelola media sosial mungkin tidak semudah dibayangkan.

Maka hal itu menjadi penting karena tak jarang para pemilik bisnis online berpikir instan untuk mengikuti hal yang sedang ramai, padahal bisa jadi media sosial yang digunakan akan tidak pas dengan konten yang akan dihasilkan dari strategi pemasaran yang dibuat dan tidak sesuai dengan audiens yang dituju.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pelaku UMKM untuk lebih mudah mengelola media sosial yang digunakan agar tetap efektif dan efisien.

Menentukan Tujuan Strategi yang digunakanHal ini merupakan langkah paling dasar yaitu menentukan apa yang ingin dicapai dalam menggunakan media sosial dan menetapkan terlebih dahulu tujuan dengan spesifik dengan tolak ukur yang lebih jelas.

Menetapkan Sasaran

Tahap ini merupakan hal yang penting untuk menentukan elemen to whom dalam rancangan strategi komunikasi yang dibuat sangat berlaku dalam tahapan pengelolaan media sosial ini. Anda harus menetapkan terlebih dahulu sasaran audiens untuk mencapai tujuan yang sudah dilakukan. Kalau tahap ini sudah dilakukan, hal selanjutnya adalah melengkapi informasi mengenai karateristik dan perilaku sasaran.

Merancang Konten

Buatlah konten berdasarkan informasi tentang audiens yang telah didapat karena bagian ini sangat penting sebelum memilih layanan yang akan digunakan. Setelah itu tentukan format yang paling menarik dan pastikan pendekatan yang dilakukan cocok dengan audiens yang dituju.

Membuat Saluran

Pada tahap ini saatnya memilih media sosial apa yang paling cocok yang digunakan dan sesuai dengan tujuan, profil sasaran dan konten yang telah dibuat. Karena kalau tahap sebelumnya sudah jelas akan semakin mudah untuk memilih media sosial yang pas.

Menentukan Pengukuran Performa

Salah satu kelebihan dalam menggunakan media digital termasuk media sosial untuk strategi pemasaran adalah nyaris semua dapat diukur dan dicacat performa yang ada sehingga dapat memantau efektivitas kegiatan media sosial yang digunakan. Pastikan disesuaikan dengan tujuan agar dapat mengetahui dengan lebih jelas apa yang kurang dan apa yang sudah baik, sehingga bisa terus mengembangkan kegiatan media sosial dari waktu ke waktu.