Tips UMKM: Memanfaatkan Instastory untuk Promosi
Tips UMKM: Memanfaatkan Instastory untuk Promosi (Foto: wearecolliders.com)

Jakarta, MNEWS.co.id – Instastory merupakan salah satu fitur Instagram yang banyak digunakan saat ini dan termasuk salah satu fitur favorit karena dapat menjadikan konten yang dibuat tampak lebih interaktif dan unik. Pertanyaannya, bagaimana cara memanfaatkan Instastory untuk melakukan pemasaran secara online?

Instagram story, atau yang sering pula disebut Instastory, biasa digunakan oleh para pengguna Instagram untuk berbagi cerita. Bisa tentang berbagi lokasi dan keberadaan mereka di suatu tempat, membuat live streaming dan langsung menceritakan sesuatu bagi para followers, atau berbagi pengalaman, tips, dan sebagainya. 

Di sisi lain, Instastory ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online dengan cara yang kurang lebih sama seperti penggunaan personal tadi. Anda bisa membuat story bersambung mengenai produk dan bisnis Anda, menceritakan behind the scene orang-orang yang berperan penting dalam bisnis Anda, tips menggunakan produk dengan benar, dan sebagainya.

Menggunakan Instastory secara optimal dan kreatif oleh pelaku UMKM dapat membantu dalam memancing lebih banyak followers untuk bergabung dan menciptakan interaksi terkait produk, layanan, dan bisnis yang ditawarkan.

Jika hal ini dilakukan secara tepat dan efektif, maka bisa pula meningkatkan brand awareness, memperbesar peluang terjadinya konversi penjualan, menambah jumlah follower aktif, bahkan bisa mendatangkan banyak pelanggan ke online store atau website bisnis Anda.

Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM dalam memanfaatkan Instastory untuk promosi secara optimal. 

Membuat Perencanaan Konten yang Menarik dan Interaktif
Strategi pertama yang harus dilakukan saat hendak memaksimalkan fungsi Instagram story adalah membuat perencanaan yang matang serta terukur, terkait konten yang hendak ditayangkan. Konten di sini sebaiknya sudah sejak awal dirancang untuk menjadi konten yang menarik dan interaktif. 

Perencanaan yang matang memudahkan proses produksi konten dan membuat hal-hal kecil yang sebelumnya tak terpikirkan, malah bisa dioptimalkan untuk menjadi ide yang mungkin out of the box. Dari perencanaan yang disusun secara teliti, detail, dan terstruktur inilah, Anda akan bisa membuat konten yang menarik untuk ditayangkan di story Instagram, baik dalam bentuk teks, image, infografis, video, dan sebagainya. 

Kreasikan Konten dan Manfaatkan Video
Pada Instagram story, sudah tersedia banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan konten yang khas Anda dan berbeda dengan kebanyakan konten yang sudah ada. Bahkan sekarang, semua pengguna Instagram sudah bisa memanfaatkan fitur Sticker Link yang dapat menyematkan tautan langsung ke online store atau website produk Anda.

Pastikan untuk menggunakan semua fitur secara maksimal dalam proses mempromosikan bisnis. Bahkan, Anda bisa mengkombinasikan fitur dan aplikasi maupun jenis konten untuk menciptakan konten yang benar-benar berbeda. 

Gunakan Hashtag yang Tepat
Penggunaan hashtag merupakan sesuatu yang tidak kalah penting kalau Anda hendak melakukan pemasaran melalui Instastory. Hashtag memiliki dampak besar terhadap setiap konten yang Anda posting. Hal ini dikarenakan, banyak pengguna Instagram dan media sosial lainnya, mencari informasi yang dibutuhkan hanya dari hashtag, tanpa perlu bersusah payah mencari melalui nama akun media sosial.

Lebih bagus lagi, jika Anda dapat menciptakan hashtag sendiri dan menjadikannya viral. Dengan cara ini, akan ada lebih banyak audiens yang mengenal bisnis dan produk Anda melalui hashtag tersebut. Jangan lupa, maksimalkan juga fungsi location tag agar konten yang Anda posting bisa jauh lebih maksimal dampaknya.

Manfaatkan Fitur Q&A
Instastory juga memiliki fitur Q&A (Questions and Answers). Dengan fitur ini, Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada audiens atau followers Anda, dan memberi kesempatan kepada mereka untuk menanyakan apa pun yang ingin mereka ketahui tentang bisnis dan produk Anda. 

Instastory yang berisi fitur Q&A merupakan salah satu cara untuk mengajak audiens berinteraksi secara langsung, membangun kedekatan yang bisa berdampak pada peningkatan engagement dan interaksi yang berkelanjutan. 

Tak hanya beberapa poin di atas, pastikan juga untuk menggunakan fitur Instagram live agar konten Anda memiliki jangkauan yang lebih luas. Live video seperti ini memiliki format interaktif yang jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan live video biasa.

Intinya, bebaskan imajinasi dan berkreasilah untuk menciptakan kombinasi konten Instastory yang interaktif dan mengundang audiens Anda untuk tertarik, kemudian berpartisipasi dengan mengomentari keunikan konten yang Anda tayangkan.