Ilustrasi gastrodiplomasi Indonesia. (Foto: KBRI Windhoek)

MNEWS.co.id – Aroma gurih sop buntut dan cita rasa lezat daging kalio khas Minang berhasil menyemarakkan promosi kuliner di Namibia. Acara kuliner yang bertajuk “Indonesian Dinner” ini merupakan hasil kolaborasi antara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Windhoek dengan Silver Spoon Hospitality Academy, sebuah sekolah kuliner ternama di Namibia (20/07/2023).

Acara makan malam ini merupakan bagian dari agenda promosi kuliner Indonesia yang sejalan dengan program gastrodiplomasi Indonesia.

“Dengan diselenggarakannya acara ‘Indonesian Dinner’, KBRI Windhoek berusaha aktif dalam promosi kuliner untuk mendukung program gastrodiplomasi Spice up the World. Selain itu, promosi kuliner di Namibia juga dilakukan melalui kegiatan Indonesian cooking class,” ungkap Wisnu Edi Pratignyo, Duta Besar Indonesia di Windhoek, Namibia.

Tempat berlangsungnya Indonesian Dinner berada di Gedung Silver Spoon Hospitality Academy, dengan kehadiran 41 orang peserta dari berbagai kalangan di Kota Windhoek. Tertariknya masyarakat untuk mengikuti acara makan malam ini cukup tinggi.

“Kuota peserta untuk acara ini sudah terisi penuh beberapa hari sebelumnya,” ujar Tom Mutavdzic, pendiri sekaligus direktur utama Silver Spoon Hospitality Academy.

Para peserta yang menghadiri Indonesian Dinner dapat menikmati hidangan lengkap dalam tiga sajian, dimulai dari hidangan pembuka berupa sekoteng dan sop buntut, kemudian diikuti dengan hidangan utama seperti nasi kuning, daging kalio, tahu telor, dan terong balado. Sebagai hidangan penutup, peserta disajikan dengan manisnya dadar gulung dan kolak pisang.

Respon terhadap penyelenggaraan Indonesian Dinner sangat positif dari para peserta. Salah satu peserta yang merupakan warga Namibia kelahiran Surabaya, dan juga anggota Friends of Indonesia yang pernah menghabiskan masa kecil di Jakarta, menyambut gembira acara Indonesian Dinner karena mengingatkan mereka akan kenangan indah saat tinggal di Indonesia. Mereka pun dengan antusias menantikan promosi kuliner dan budaya Indonesia lainnya di masa mendatang.

Tidak hanya menikmati makan malam dengan menu khas Indonesia, para peserta juga dimanjakan dengan hiburan musik live dari grup musik Senusa Band yang memainkan medley lagu-lagu tradisional Sumatera Utara dan beberapa lagu keroncong Indonesia dalam acara Indonesian Dinner tersebut.