Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi dan Sekjen Sahabat UMKM, Faisal HB di acara Pengembangan UMKM di Samarinda, Sabtu (30/3/2019). Foto: Humas Prov. Kaltim
Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi dan Sekjen Sahabat UMKM, Faisal HB di acara Pengembangan UMKM di Samarinda, Sabtu (30/3/2019). Foto: Humas Prov. Kaltim

Samarinda, MNEWS.co.id – Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi secara resmi membuka pelatihan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dilaksanakan Sahabat UMKM di Gedung Olah Bebaya Samarinda, Sabtu (30/3/2019).

Hadi Mulyadi mengatakan pelaksanaan pelatihan pengembangan UMKM bisa memberikan manfaat bagi semua peserta. “Tentu kita tidak bisa memungkiri dalam membangun bangsa membangun ekonomi dan keluarga perlu kerja keras, bekerja ikhlas, cinta, dan doa,” kata Hadi.

Hadi menambahkan keberadaan Sahabat UMKM merupakan wahana bagi masyarakat koperasi dan pengusaha UMKM untuk dapat mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Diakuinya, pengembangan SDM menjadi salah satu skala prioritas yang secara konsisten terus dilakukan pemerintah untuk melakukan proses perubahan pola pikir dan perilaku. 

Menurut Hadi, saat ini sudah menjadi sebuah tuntutan dan keharusan apabila seseorang ingin eksis dan berkembang dalam menekuni profesinya. “Sahabat UMKM diharapkan mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja produktif serta menumbuhkan jiwa kewirausahaan,” harap Hadi.

Sementara Sekjen Sahabat UMKM Faisal Hasan Basri mengungkapkan organisasinya berdiri sejak 2016 dan fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia. “Saat ini beranggota sekitar 3.040 unit dari 25 provinsi termasuk Kaltim yang ada dalam kepengurusan,” kata Faisal.

Ditambahkannya, Sahabat UMKM adalah komunitas independen yang bermitra dengan Pemerintah pusat, kabupaten/kota serta pihak swasta yang mempunyai visi dan misi membangun UMKM.