Virtual Expo digelar sebagai upaya mendorong pertumbuhan UMKM saat pandemi. (Foto: Istimewa/Media Indonesia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pemerintah terus mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan platform digital agar bisa terus bertumbuh di masa pandemi. Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM Victoria br Simanungkalit mengatakan, pandemi Covid-19 menghadirkan banyak dampak buruk di semua lini, termasuk UMKM yang merasakan penurunan dratis dalam penjualan produk.

“Pemerintah terus berusaha dan berupaya untuk mendukung segala aktivitas UMKM melalui program-program salah satunya dukungan terhadap kegiatan virtual expo,” katanya dilansir dari Media Indonesia.

Melalui kegiatan Virtual Expo Indonesia Digital Trade Show in Conjunction With Indonesia Local Brands Expo, pemerintah mendorong pengusaha lokal dan UMKM di seluruh Indonesia bisa menembus pasar digital (go digital) dan mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh Indonesia.

Pameran ini berbeda dengan pameran – pameran pada umumnya yang mengharuskan para pengunjung dan peserta untuk hadir langsung ke hall atau venue yang di tentukan. Para UMKM dan calon pembeli bisa bertemu bertransaksi melalui Platform Virtual Expo 2020. Para peserta juga tak perlu membangun booth karena seluruh material sudah disediakan di pameran ini dalam bentuk Booth Virtual 3D. Sedangkan untuk transaksi sudah disediakan melalui Payment Gateaway.

“Diharapkan dengan adanya pameran virtual ini para pengusaha merek lokal dan pelaku UMKM Indonesia bisa go digital,” kata Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) Susanty Widjaya.

Sementara itu Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Syailendra menambahkan, Kemendag mendukung penyelenggaraan kegiatan melalui partisipasi dengan mengikutsertakan 24 pelaku usaha waralaba dan potensial waralaba secara gratis. PT Sukses Mulya Pratama sebagai penyelenggara menargetkan sekitar 200 ribu pengunjung serta melibatkan 375 pengusaha lokal dan UMKM di seluruh Indonesia.