Ilustrasi penjual dan konsumen. (Foto: Unsplash/Christiann Koepke)

Jakarta, MNEWS.co.id – Konsumen merupakan salah satu aset paling berharga bagi pelaku usaha karena merupakan faktor pendukung berkembangnya suatu usaha. Konsumen berperan dalam menumbuhkan usaha dan konsumen dapat merekomendasikan sebuah usaha kepada teman atau lingkungan mereka, sehingga jaringan dan jangkauannya akan semakin luas lagi.

Dalam sesi Business Coaching UMK Academy by Kimia Farma, Aidil Wicaksono, fasilitator Gapura Digital memaparkan bahwa pelaku usaha harus bisa mengenali bagaimana pelanggan melihat bisnis atau usaha yang kita jalankan. Contohnya seperti apa yang pelanggan rasakan saat menikmati produk, serta berapa kali mereka melakukan pembelian atas suatu produk.

Dalam proses keputusan pembelian, ada beberapa hal yang diperhatikan oleh konsumen mulai dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli, dan tingkah laku setelah pembelian.

Ia menyebutkan bahwa ada dua kualitas yang digunakan untuk menciptakan keunggulan dalam usaha menarik minat beli konsumen. Pertama yaitu kualitas produk yang meliputi konsistensi terhadap rasa dan bahan, pengemasan yang baik, daya tahan produk yang lebih lama, dan bermanfaat secara emosional untuk pelanggan.

Selanjutnya yang kedua adalah kualitas pelayanan. Pelaku usaha harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Hal ini bisa dilakukan mulai dari memberikan tutur kata yang positif, kecepatan pengiriman, memberikan respon yang baik, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, serta memiliki pengetahuan produk secara lengkap.

Aidil Wicaksono, fasilitator Gapura Digital dalam sesi Business Coaching UMK Academy by Kimia Farma, Kamis, (12/11/20). (Foto: MNEWS)

Aidil juga menjelaskan terkait 4 tahapan konsumen dalam berbelanja online. Pertama, konsumen melihat sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan dari produk tersebut. Kedua, pelanggan akan berpikir untuk mulai mencari informasi secara online terkait produk itu. Ketiga, setelah berpikir, menimbang, dan akhirnya yakin pelanggan kemudian akan melakukan pembelian. Dan yang terakhir, setelah pembelian, pelanggan akan merasakan kualitas produk dan pelayanan yang baik secara sukarela akan memberikan ulasan.

Selain memahami perilaku konsumen, pelaku usaha juga harus memahami target pasar yang dituju. Target pasar dalam bisnis sangatlah penting bagi para pelaku bisnis karena sebagai sasaran untuk memasarkan usahanya,

Target pasar adalah sebuah kelompok konsumen yang menjadi tujuan dari perusahaan agar mau membeli produk yang di pasarkannya. Target pasar juga sebagai sekelompok pembeli yang memiliki sifat-sifat sama yang membuat pasar berdiri sendiri. Untuk menentukan target pasar dan segmen mana yang akan dimasuki dan berapa ukuran segmennya.

Dalam menetapkan target pasar, pengusaha harus bisa melakukan segmentasi pasar dengan cara mengelompokkan pembeli ke dalam target dengan sifat yang sama.

Penentuan target pasar ini penting karena pelaku usaha tidak mampu melayani semua konsumen atau pembeli di pasar karena beragamnya kebutuhan dan keinginan. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayani sebagai target pasar.