Suasana Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi. (Foto: Brilio)
Suasana Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi. (Foto: Brilio)

Banyuwangi, MNEWS.co.id – Salah satu rawa di Pantai Cacalan, Banyuwangi, akan diubah menjadi tempat wisata baru yang bersih dan menyenangkan. Di tempat ini, pengunjung bisa menjelajahi rawa dengan bermain kano, selain itu juga akan mendapatkan edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai. Agar rawa-rawa di muara pantai terbebas dari sampah.

Pantai ini berada di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro Banyuwangi. Pengunjung yang datang tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan pantai berlatar Selat Bali saja. Di kawasan ini juga pengunjung juga bisa mendapatkan suguhan wisata baru berupa hamparan tanaman bakau. Yang tumbuh subur di atas rawa seluas satu hektare.

Pantai Cacalan wisata ini memiliki kedalamannya tak sampai 50 sentimeter, sehingga bisa dipastikan aman bagi pengunjung dari segala usia. Untuk para orang tua pun bisa membawa anaknya sambil mengenalkan kepada anaknya tentang jenis-jenis pohon bakau dan pentingnya pohon bakau di muara pantai untuk menangkal abrasi laut maupun untuk kelangsungan ekosistem di sekitarnya.

Ada juga ikan-ikan juga sengaja disebar ke dalam rawa itu. Pengelola pantai ingin memberikan edukasi kepada pengunjung akan pentingnya ikan di sungai. Ikan-ikan itu untuk menjaga agar rawa menjadi semakin bersih dan terbebas dari jentik-jentik nyamuk. Terlebih di musim hujan seperti saat ini.

Arief selaku pengelola wisata mengatakan, untuk penyewaan kano hanya Rp10 ribu untuk 20 menit. Oleh karena itu, pihaknya mengolah lahan tersebut menjadi rawa dan ada tanaman bakau.

“Berangkat dari keprihatinan makanya kita garap lahan ini. Dulu sampah banyak dari sungai ke sini. Tapi kita bersihkan dan jadi indah juga akhirnya,” katanya.

Pantai Cacalan selain menjadi wisata edukasi, juga menjadi tempat yang menarik untuk selfie. Apalagi burung-burung yang dulunya enggan datang, kini hinggap di batang pohon-pohon yang rindang.