Tampilan Produk M-Tani saat hadir dalam kegiatan ASAFF 2020. (Foto: MNEWS)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menyikapi penyebaran virus corona yang sedang mewabah di hampir seluruh dunia, termasuk negara Indonesia. Kondisi ini tentu akan berdampak pada beberapa sektor usaha seperti pariwisata dan perdagangan. Namun tidak halnya dengan sektor pertanian. Sektor pertanian justru menjadi pengaman dalam menghadapi wabah Virus Covid-19.

Indonesia sebagai negara agraris memiliki potensi besar untuk sektor pertanian. Adanya wabah ini justru pertanian harus makin digenjot karena masyarakat sangat membutuhkan panganan yang sehat. Di sisi lain, sektor pertanian juga merupakan satu-satunya sektor nonmigas yang paling bertahan dari berbagai gejolak dan ancaman krisis, seperti masuknya wabah Covid-19 di Indonesia.

Dalam sesi Kelas Komunitas Online Kelas bertema “Ketahanan dan Kemandirian Pangan Lokal di Tengah Pandemi COVID-19” yang diadakan oleh Sahabat UMKM, Muslim, Business Development dan Product Marketing PT Semangat Bersama Entrepreneurship (M-Tani Group), menjelaskan bahwa saat ini para petani terus menyediakan pasokan kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah beras yang saat ini sedang memasuki bulan panen raya.

Ia mengatakan produk beras M-Tani diambil langsung oleh mitra yang ada di Pulau Jawa yang diproduksi oleh petani daerah. Hasil produksi sudah sesuai dengan peraturan yang ada dan dikategorikan sebagai beras premium. Saat ini penggilingan utama beras M-Tani berada di Kota Karawang dan Cianjur.

Penjualan beras M-Tani diambil langsung oleh mitra yang berada di Pulau Jawa dan didapatkan langsung oleh petani di daerah tersebut.

Hasil produksi beras tersebut saat ini juga ditampung oleh pihak dari Kabupaten ataupun Desa untuk dijadikan sebagai bahan pasok pangan. Oleh karena itu, nantinya hasil panen akan diberikan khusus untuk daerah yang sudah menetapkan sistem lockdown karena sudah ada beberapa daerah di Pulau Jawa yang sudah melakukan lockdown dengan peraturan berbeda. Pemasokan bahan pangan pun juga meliputi sayur-mayur dan perikanan yang saat ini sedang mengalami kenaikan harga.

Muslim menambahkan mitra petani dari M-Tani dalam proses produksi sudah menerapkan untuk jaga jarak atau social distancing, selain itu kualitas produksi dan barang juga tetap terjaga serta mencuci tangan dengan benar.

Saat ini para pelaku usaha ataupun masyarakat yang membutuhkan bahan pangan, bisa membeli produk M-Tani melalui e-commerce yaitu Shopee dan Blibli.com