Personil Group Bimbo. (Foto: Instagram/@bimbogroupofficial)

Jakarta, MNEWS.co.id – Lagu terbaru grup musik Bimbo berjudul “Corona” yang diinspirasi oleh pandemi virus corona COVID-19 viral di dunia maya. Lagu “Corona” Bimbo ini dibuat khusus atas permintaan Doni Monardo, Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dan Ketua BNPB.

Lagu “Corona” viral setelah ada warganet yang menyebut lagu tersebut sudah muncul sejak 30 tahun lalu. Namun, Bimbo memastikan lagu ini adalah lagu yang baru saja direkam, alias bukan lagu lama.

“Lagunya baru-baru ini di-mixing dan lain-lain. Pas minggu kemarin di studio Batu Nunggal, lagu khusus soal corona,” kata Acil yang merupakan salah satu personil Bimbo.

Bimbo memastikan, lagu “Corona” sama sekali belum dirilis. Bahkan belum diberikan kepada Doni Monardo, selaku pihak yang meminta mereka membuat lagu tentang pandemi COVID-19. Namun, tiba-tiba lagu ini sudah tersebar, tidak hanya di jejaring WhatsApp, tetapi juga di Youtube.

“Diminta sama Doni Monardo. Eh belum dikasihin ke orangnya yang minta lagu. Tahu-tahu sudah kesebar di YouTube, grup WhatsApp sama sosmed,” tambahnya.

Bimbo merupakan grup musik asal Bandung, terdiri dari Samsudin “Sam” Hardjakusumah, Darmawan “Acil” Hardjakusumah, Jaka Purnama Hardjakusumah, ditambah Parlina “Iin” Hardjakusumah. Grup musik ini sudah terbentuk pada 1967 dengan nama Trio Los Bimbos yang terdiri dari Sam, Acil, dan Jaka.

Nama yang berbau Latin ini kemudian diubah jadi Trio Bimbo. Masuknya Iin Parlina membuat grup ini kemudian mengubah nama jadi Bimbo. Pada tahun 1980-an, Bimbo memproduksi lagu-lagu dengan tema kritik sosial dan bertema religius.

Beberapa lagu Bimbo yang akrab di telinga di antaranya “Tuhan”, “Tante Sun”, “Bermata Tapi Tak Melihat”, atau “Ada Anak Bertanya pada Bapaknya”. Selain itu, ada “Rindu Rasul” dan “Sajadah Panjang”.