Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama seorang pelaku UMKM Surabaya di kegiatan "UMKM Expo HRA", Sabtu (15/7/2023). (Foto: Dok/Kemenparekraf)

MNEWS.co.id – Surabaya, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, tidak hanya dikenal dengan kekayaan budaya dan pariwisatanya, tetapi juga sebagai tempat berkembangnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang beragam.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Jawa Timur pada Sabtu (15/7/2023), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke kegiatan “UMKM Expo HRA” yang menghadirkan ragam produk-produk ekonomi kreatif dari para pelaku usaha lokal di Kota Surabaya. 

Sandiaga pun menyempatkan diri berkeliling ke stand-stand UMKM sekaligus berbelanja sejumlah produk.

“Pagi ini kita lihat antusiasme masyarakat untuk berolahraga termasuk senam, tapi setelah itu juga kita bisa mendukung UMKM dan bantu pasarkan produknya agar ada peningkatan omzet mereka sehingga mereka bisa memperluas peluang usaha untuk menciptakan lapangan kerja yang targetnya 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” kata Sandiaga dalam keterangan pers Kemenparekraf yang dikutip oleh MNEWS.co.id.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mendengarkan dan menyerap aspirasi dari para pelaku UMKM yang mengeluhkan masih menemukan berbagai kendala. Tidak hanya pemasaran dan akses pembiayaan, tapi juga soal perizinan serta sertifikasi halal. 

Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf memiliki berbagai program yang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas termasuk dalam menghadapi berbagai kendala tersebut. 

“Termasuk untuk packaging kita punya beberapa program yang bisa disinergikan. Karena packaging ini penting sekali untuk penjualan. Kalau produknya bagus atau kulinernya lezat tapi kalau packaging-nya kurang prima maka susah untuk memasarkannya apalagi kalau kita ingin menembus pasar di luar negeri,” ujar Sandiaga. 

Sandiaga mendorong kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap produk-produk lokal yang berkualitas, serta memberikan dukungan nyata bagi pelaku UMKM. Sandiaga menilai jika keberpihakan masyarakat terhadap produk-produk UMKM tentu akan mendorong mereka untuk terus berkembang. 

“Kita harus membela produk-produk UMKM ini, kita harus ada di tengah-tengah masyarakat untuk mempercepat peningkatan skala usaha mereka agar mereka bisa bersaing dengan usaha-usaha yang lebih besar. Mari kita ciptakan situasi yang kondusif agar para UMKM ini segera naik kelas,” pungkas Sandiaga.