Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki Serahkan Langsung Banpres ke Pelaku Mikro di Bali. (Foto: ANTARA)

Bali, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menyerahkan secara simbolis Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro kepada 4 pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Karangasem, Bali. Mereka yang menerima bantuan merupakan pengrajin tamas, pengrajin tenun, nelayan dan jasa wisata, serta kerajinan Atta.

Dilansir dari siaran pers Kemenkop UKM, penerima bantuan tersebut adalah Ni Made Rusni (pengrajin tamas), dan Ni Kadek Anis (pengrajin tenun) yang bantuannya disalurkan melalui BNI, kemudian I Wayan Marta (nelayan dan jasa wisata), I Ketut Lilit (kerajinan atta), yang bantuannya disalurkan melalui BRI. Bersama dengan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri di Cagar Budaya Taman Sukasada Ujung, Kabupaten Karangasem, Bali, Sabtu (5/9/20)

Teten berharap, melalui Banpres senilai Rp 2,4 juta tersebut dapat digunakan meningkat usaha produktif. Dengan begitu mereka bisa lebih berkembang sekaligus dapat meningkatkan perekonomian.

“Banpres ini adalah hibah, gunakan sebaik-baiknya untuk usaha produktif. Uang yang didapatkan bisa diputar supaya usahanya tetap bertahan,” ungkapnya.

Dana banpres itu dapat digunakan sebagai modal awal untuk meningkatkan produksi. Lalu jika pelaku mikro telah bankable, bisa ditingkatkan mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro di bawah Rp 10 juta dengan bunga nol persen.

Teten menjelaskan kunjungan kerja ke Bali tersebut dalam rangka memastikan Banpres produktif usaha mikro telah diterima oleh masyarakat. Pihaknya berjanji akan melakukan koordinasi dengan penyalur, yaitu BRI dan BNI, jika ditemukan pelaku usaha mikro yang belum mendapatkannya.

Sementara itu, I Gusti Ayu Mas Sumatri  selaku Bupati Karangasem mengatakan jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Karangasem mencapai 31.513. Dari jumlah tersebut, pihaknya mengusulkan 10 ribu pelaku usaha untuk bisa mendapatkan bantuan.

“Masyarakat yang bisa dapatkan haknya sebanyak 10 ribu lebih. Sudah diusulkan mendapat Banpres melalui BRI 720. Namun, baru disalurkan untuk 601 usaha mikro. Mohon pak menteri untuk menyalurkan hak mereka,” katanya.