Ilustrasi UMKM Binaan. (Foto: Pertamina)

Jakarta, MNEWS.co.id – Ajang Pertamina SMEXPO 2020 merupakan acara pameran virtual expo UMKM terbesar di Indonesia digelar pada 9 hingga 11 September 2020. PT Pertamina (Persero) akan menghadirkan ribuan produk dari 100 UMKM binaan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina menjelaskan, virtual expo ini disiapkan sebagai ajang bangkitnya industri UMKM akibat dampak pandemi COVID-19. Tak hanya itu, acara ini juga sebagai ajang pembuktian kualitas produk UMKM dalam negeri yang sudah diakui banyak pihak.

“Produk-produk UMKM binaan Pertamina mempunyai kualitas yang diakui oleh pasar internasional. Jadi, kita harus maksimalkan potensi itu,” katanya.

Tidak hanya membantu masyarakat dalam berbelanja, Pertamina SMEXPO 2020 dapat menjadikan UMKM Pertamina agar melek digital dengan masing-masing produk unggulannya tersebut.

Melalui  virtual expo ini, pengunjung dapat menjelajahi empat kategori besar produk UMKM di Pertamina SMEXPO 2020. Keempatnya adalah Food & Beverage, Craft/Furniture, Agrobisnis, dan Fashion.

Para peserta expo pun memiliki keunggulan masing-masing seperti Rendang Erika dari Payakumbung yang sudah menguasai pasar rendang kering di daerahnya atau Hitara Black Garlic yang sudah mengekspor produknya ke sejumlah negara.

Hadir juga Neon Kreasi miliki Darmawati Halik yang menyulap neon bekas menjadi hiasan kaca yang cantik. Ada juga Tenun Ikat Bhima milik Riyan Hidayat yang mampu menarik mata pengujung saat mengikuti China-ASEAN Expo 2019 (Caexpo 2019) yang berlangsung di Nanning, China dan masih banyak peserta lainnya.

Fajriyah menambahkan, akan ada penampilan standup comedy yang lucu, menghibur, namun cerdas dari duet Abdel dan Temon. Selain itu, juga ada hiburan dari musisi ternama tanah air. Diantaranya, Andien, Hivi, dan Maliq & D’essentials. Masing-masing menampilkan lagu – lagu andalannya pada tiga hari yang berbeda.

Para artis dan musisi itu akan menemani pengunjung saat berbelanja. Beberapa diantaranya akan memandu masyarakat untuk mengunjungi booth-booth virtual yang tersedia di laman www.pertaminasmexpo.com.

Kegiatan Pertamina SMEXPO 2020 merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs) milik Pertamina. Adapun tujuan dari SDGs tersebut adalah mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif. “(Kehadiran SDGs itu) diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar  Fajriyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here