Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengunjugi stan UKM disabilitas di GEM Pearl, Lombok Barat Nusa Tenggara Barat. Sabtu, (20/11/21). (Foto: Kemenkop UKM)

Mataram, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Barat (NTB) naik kelas meski dihadapkan berbagai persoalan. Hal itu penting mengingat UMKM memiliki peranan penting terhadap postur perekonomian Indonesia.

“Saya mengapresiasi semangat para pelaku UMKM di NTB untuk mengembangkan usahanya. Dan saya kira semangat ini harus terus dikobarkan sebagai seorang entrepreneur (pengusaha, red). Kedua saya liat di sini ada produk-produk unggulan yang bisa terus didorong dengan harapan agar bisa naik kelas,” kata Teten.

 Teten menjelaskan, Kementerian Koperasi UKM saat ini punya strategi bagaimana mengurangi yang mikro dengan menumbuhkembangkan UKM yang mempunyai potensi dinaikkan kelasnya atau stand up. Di mana kapasitas produksinya menjadi besar, penyerapan tenaga kerja juga lebih besar dan produknya bakal memiliki daya saing.

Dalam kunjungannya ke NTB, Menkop UKM juga menyerap informasi jika sudah ada produksi usaha kecil yang sudah masuk ke pasar ekspor. Demikian juga suplai bahan baku yang cukup, ketersediaan SDM dengan skill-nya yang juga sudah memadai dan juga sudah mulai masuk.

“Selain produk-produk motor listrik, permesinan, produksi olahan makanan, minuman kesehatan, kosmetik ini saya kira sudah bagus. Tinggal nanti bagaimana ini menjadi inkubator yang memiliki produk unggul untuk dikembangkan model bisnis dengan melakukan model pengembangan development produk,” pungkasnya.