Ilustrasi Disinfektan. (Foto: Unsplash/The Honest Company)
Ilustrasi Disinfektan. (Foto: Unsplash/The Honest Company)

Jakarta, MNEWS.co.id – Merebaknya virus corona di Indonesia membuat masyarakat lebih giat untuk melindungi diri dan menjaga kebersihan. 

Berbagai cara dilakukan masyarakat agar terhindar dari virus, salah satunya adalah rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. Selain itu, cara lain yang bisa digunakan adalah membersihkan barang-barang yang sering digunakan dengan cairan disinfektan.

Tak perlu khawatir ketika Anda kehabisan cairan disinfektan saat mencari di warung atau toko. berikut ini adalah tips yang diberikan Dokter Nahla Shihab yang dijelaskan melalui akun Instagram sang kakak, Najwa Shihab.

Ini dia cara membuat cairan disinfektan sendiri oleh dr. Nahla Shihab;

  • Bayclin 95 ml ditambah air 905 ml (untuk menjadi total 1000ml/1 L).
  • Bayclin, yang sering digunakan sebagai bahan bleaching/pemutih, mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5.25 persen.
  • Untuk bahan disinfektan, dibutuhkan natrium hipoklorit 0.5 persen. Jadi untuk mendapat konsentrasi yang sesuai, perlu pengenceran. 

Larutan ini lalu disemprotkan ke permukaan alat dan benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, sakelar lampu, remote TV dan AC, telepon, keran, jet shower, penyiram toilet, meja makan, hingga sofa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here