Ilustrasi pembuatan Keris oleh Empu (pengerajin/pembuat keris) di Desa Aeng Tong-tong. (Foto: shutterstock/firmanfitriyadi)

MNEWS.co.id – Desa Aengtongtong merupakan desa wisata yang terletak di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Desa ini berhasil terpilih menjadi empat desa wisata dari Provinsi Jawa Timur yang masuk dalam ’50 Desa Wisata Terbaik’ ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022.

Terpilihnya Desa Wisata Aengtongtong dalam kategori “Desa Wisata Terbaik” ADWI 2022 bukan tanpa alasan. Desa Aengtongtongmemiliki daya tarik utama yang berbeda dari desa lainnya. Desa Wisata Aengtongtong dinilai memiliki budaya serta kearifan lokal yang khas dan tidak dimiliki daerah lain, yakni sebagai desa penghasil keris dengan Empu terbanyak!

Aktivitas masyarakat Desa Aengtongtong dalam memproduksi keris tidak bisa dilepaskan dari peninggalan para leluhur yang dulunya menjadi seorang Empu, pembuat keris.

Hingga sekarang, aktivitas membuat keris di Desa Aengtongtong masih terus dilestarikan, bahkan sudah menjadi mata pencaharian sebagian besar masyarakat desa wisata tersebut. Demi terus melestarikan tradisi ini, budaya pembuatan keris di Desa Aengtongtong sudah dikenalkan pada anak-anak sejak memasuki usia sekolah dasar (SD).

Diperkirakan, hingga saat ini ada ratusan Empu yang berprofesi sebagai pengrajin atau pembuat keris di Desa Aengtongtong. Biasanya, keris yang dibuat di Desa Aengtongtong digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar, pesanan pedagang, atau bahkan memenuhi para pesanan kolektor baik di dalam negeri atau mancanegara.

Keris yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Aengtongtong memiliki ciri khasnya tersendiri. Keris dari desa ini selalu memiliki garapas maupun warangka (sarung) yang halus dengan ukiran-ukirannya yang sangat indah.

Proses pembuatan keris dimulai dari pemilihan besi dan penempaan untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Dilanjutkan dengan metode penghalusan, menambahkan tembaga atau emas untuk diukir sesuai pesanan, hingga terakhir proses penyepuhan agar mendapatkan warna kering yang diinginkan.

Setelah melewati tahapan membuat keris, biasanya pada Empu di Desa Aengtongtong akan menghelat ritual pencucian keris dan ziarah makam leluhur Empu. Biasanya, ritual tersebut akan dilakukan bersama dengan pesta rakyat dan diramaikan dengan kesenian tradisional.

Sebelum sukses masuk dalam kategori “Desa Wisata Terbaik” dalam ADWI 2022, Desa Wisata Aengtongtong sudah pernah mendapatkan penghargaan berkat keunikan dan kearifan lokal yang dimiliki. Pada 2014, Desa Aengtongtong dinobatkan UNESCO sebagai satu-satunya desa wisata dengan Empu keris terbanyak di dunia!