Koleksi Gamis Batik Kekinian dengan Motif Khas 11 Daerah. (Foto: Mayra Indonesia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Mayra Indonesia meluncurkan koleksi gamis batik yang terinspirasi dari motif khas 11 daerah di Indonesia. Peluncuran perdana koleksi gamis batik ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan 11 tahun Mayra Indonesia yang bertajuk ‘Prec1ous Surpr1se’.  Acara digelar tepat pada Hari Batik 2 Oktober 2021.

Mayra Indonesia merupakan salah satu produsen gamis syar’i lokal terbesar yang telah hadir menemani seluruh perempuan muslimah Indonesia selama lebih dari satu dekade. Sejak didirikan pada tahun 2010 lalu, Mayra Indonesia memiliki semangat untuk mengenalkan gamis sebagai salah satu fashion items perempuan Indonesia yang dapat bersaing dengan tren fesyen lainnya.

“Kami memahami bahwa salah satu unsur penting dari dunia fesyen Indonesia adalah tradisi kain nusantara, dan batik merupakan salah satu warisan budaya leluhur kita. Untuk itu, bertepatan dengan momen spesial Hari Batik Nasional, kami mempersembahkan koleksi batik pertama yang terinspirasi dari 11 corak khas daerah di Indonesia yang dipadukan dengan model gamis modern,” ujar Ira Yusra selaku Owner & Founder Mayra Indonesia.

Corak dalam koleksi gamis batik Mayra Indonesia merepresentasikan kekayaan tradisi dari 11 daerah di Indonesia. Koleksi hadir dalam 2 line, reguler dan premium, dengan detail spesial yang eksklusif. Untuk koleksi premium, gamis Mayra Indonesia hadir dengan 5 corak daerah, yaitu Sumatera Barat dengan motif batik rangkiang, Aceh motif khas Pinto Aceh atau Pinto Khob, DKI Jakarta motif batik Betawi yang unik, Bali yang terkenal dengan kecantikan motif songketnya, serta corak batik jumputan dari Palembang.

Untuk koleksi reguler, Mayra Indonesia menghadirkan 6 corak dari 6 daerah lainnya di Indonesia. Di antaranya motif batik tujuh rupa khas Pekalongan Jawa Tengah, Jawa Barat dengan motif megamendung yang penuh makna filosofis, malang kucecwara yang merepresentasikan Jawa Timur. Jadi Lebih spesial dengn kehadiran inspirasi motif mandau khas budaya masyarakat Dayak Kalimantan Timur yang begitu unik, batik Sentani dari tanah Papua, serta motif tekstil sulaman Karawo dari Gorontalo.

Peluncuran gamis batik terbaru dari Mayra Indonesia ini juga turut disambut hangat oleh Okky Asokawati dan Adelia Pasha, dua figur perempuan hebat yang memilki jiwa nasionalisme yang tinggi serta fasionable.

“Menurut saya, koleksi gamis batik ini sangat spesial karena Mayra Indonesia telah berhasil memberikan sentuhan batik sebagai kekayaan warisan budaya Indonesia dalam trend busana syar’i di Indonesia yang biasanya identik dengan budaya Timur Tengah. Senang sekali bisa melihat kekayaan tradisi dan keindahan alam 11 daerah di Indonesia yang direpresentasikan melalui corak, motif, dan warna yang ada di setiap rancangan gamis batik Mayra Indonesia. Saya harap kehadiran koleksi gamis batik ini dapat memenuhi kebutuhan seluruh muslimah Indonesia untuk bisa tampil modest, syar’i, namun tetap melestarikan budaya leluhur Indonesia,” kata Okky.

Peluncuran koleksi busana muslim dengan sentuhan batik ini merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun ke-11 Mayra Indonesia. Situasi pandemi yang tengah melanda Indonesia tentu tidak menghentikan langkah Ira Yusra untuk terus berinovasi mengembangkan tren busana muslim di kancah industri fesyen Indonesia.

“Saya membangun Mayra Indonesia dengan kepala dan menggerakannya dengan hati. Hampir sebelas tahun mewarnai dunia fesyen Indonesia, saya semakin bersemangat untuk terus berkreasi memperkenalkan gamis sebagai salah satu fashion items muslimah Indonesia. Walau saat ini kita semua sedang mengalami masa sulit akibat pandemi, saya bersama Mayra Indonesia akan terus melangkah maju selama masih memberikan manfaat dan menjadi solusi bagi banyak orang,” tambah Ira.