Jumpa Pers Peluncuran Indonesia Shopping Festival 2022 di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022). (Foto: APPBI)

Jakarta, MNEWS.co.id – Optimis kondisi usaha semakin membaik setelah pandemi Covid-19 melanda dunia selama 2 tahun terakhir, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyelenggarakan Indonesia Shopping Festival 2022 yang akan diadakan serempak pada tanggal 11-21 Agustus 2022 di seluruh pusat belanja di Indonesia dengan mengusung semangat perayaan Hari Kemerdakaan Republik Indonesia ke-77 serta untuk mempercepat pemulihan perekonomian nasional khususnya pada bidang retail.

Optimisme ini muncul dari kondisi yang mulai membaik dan antusias belanja masyarakat yang semakin meningkat, sehingga diharapkan Indonesia Shopping Festival 2022 dapat meningkatkan jumlah transaksi pada pusat perbelanjaan sehingga mempercepat pemulihan dan pertumbuhan ekonomi secara nasional yang tentunya diharapkan memberikan keuntungan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mengangkat produk khas daerahnya melalui pusat perbelanjaan.

Indonesia Shopping Festival 2022 merupakan inovasi yang dilakukan oleh APPBI dari program Indonesia Great Sale yang sebelumnya diadakan sebelum pandemi Covid-19 dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

Didukung oleh Kementerian Perdagangan Indonesia, Indonesia Shopping Festival 2022 akan dimeriahkan dengan pesta diskon spesial hingga 77% sesuai dengan usia Republik Indonesia pada Agustus tahun ini.

Selain itu, akan hadir pameran produk dalam negeri dan UMKM di seluruh pusat perbelanjaan, festival kuliner khas Nusantara sesuai daerah masing-masing, dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian daerah dan kolaborasi event masing-masing pusat belanja pada periode Indonesia Shopping Festival 2022 berlangsung.

“Kami mendukung penuh kegiatan Indonesia Shopping Festival 2022, mengingat pada masa pandemi menuju endemi ini menjadi momen bagi kami untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya para pelaku usaha retail untuk mempercepat pemulihan perekonomian nasional,“ jelas Widiantoro selaku Ketua Tim Direktorat Bina Usaha Perdagangan. 

Semakin meriah, pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 akan diadakan serentak di beberapa kota besar pada tanggal 11 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB.

“Kota Surakarta kali ini dipilih sebagai lokasi utama pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 yang berada di Solo Paragon Lifesyle Mall dan akan dibuka oleh Wali Kota Surakarta, Bapak Gibran Rakabuming Raka,” jelas Alphonzus Wijaja selaku Ketua Umum DPP APPBI.

Pada waktu bersamaan, selain di Surakarta, pembukaan juga akan diadakan secara live di beberapa kota lainnya, yaitu DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta, Surabaya, dan Palembang. 

“Melalui Indonesia Shopping Festival 2022 yang diadakan dalam rangka merayakan HUT RI ke77, APPBI optimis turut berperan serta mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya industri retail yang mengalami dampak cukup besar selama pandemi Covid-19,” jelas Alphonzus Wijaja selaku Ketua Umum DPP APPBI.

Sejalan dengan upaya mempercepat pemulihan ekonomi nasional, sejak tahun 2021 pusat belanja dipercaya oleh pemerintah menjadi Sentra Vaksinasi Covid-19 bagi lansia, pegiat UMKM, dan masyarakat umum.

Ratusan pusat belanja di seluruh Indonesia telah turut aktif memberikan wadah bagi pendistribusian vaksinasi Covid-19 guna mempercepat program vaksinasi oleh pemerintah dan menghentikan penyebaran virus Covid-19.

Pusat belanja juga dipercaya menjadi lokasi percontohan penerapan aplikasi PeduliLindungi pada akses masuk dan keluar sebagai fungsi kontrol kapasitas pengunjung hingga saat ini dimana hanya pengunjung dengan status hijau atau sudah vaksin ke-3 atau vaksin booster yang diperbolehkan masuk ke area pusat belanja, sehingga mendukung perekonomian tetap berjalan dengan aman dan nyaman guna mendukung aktifitas usaha para pengusaha retail dan UMKM di pusat perbelanjaan.

Selama Indonesia Shopping Festival 2022 berlangsung, APPBI juga akan tetap mengimbau seluruh pusat perbelanjaan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan memberlakukan aplikasi PeduliLindungi guna menciptakan suasana belanja yang aman dan nyaman.