Ilustrasi produk lokal. (Foto: IDN Times)

Tangerang, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menegaskan spirit (semangat) untuk membangun brand lokal harus terus ditumbuhkan dan diperkuat, terlebih gaya hidup anak-anak muda saat ini yang cenderung lebih menyukai produk-produk custom unik ketimbang brand-brand internasional. 

“Ini peluang besar bagi pelaku UMKM,” kata Teten Masduki pada acara Festival Cengkok Karya Mandiri, di Desa Cengkok, Balaraja, Tangerang, Banten, Minggu (31/7/2022).

Di acara pameran UMKM yang memamerkan makanan tradisional, bazar buku, hingga seminar literasi tersebut, Teten juga mengajak masyarakat untuk terus menarasikan bahwa kualitas produk lokal yang sehat, bagus, dan bersaing dengan brand-brand besar kelas dunia.

“Ini sudah eranya menggunakan media sosial. Masyarakat yang membangun narasinya sendiri lewat Medsos terkait produk UMKM brand lokal,” kata Teten.

Teten pun mendukung langkah Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk membangun Dapur Bersama Produksi UMKM di Desa Cengkok.

“Dengan membangun Rumah Produksi Bersama atau ‘Factory Sharing’ agar memudahkan mendapat izin edar dari BPOM. Sehingga, bisa lebih luas wilayah pasarnya,” ucap Teten.

Dan agar lebih produktif lagi, Teten mendorong para pelaku usaha mikro untuk berkoperasi.

“Jadi, penyediaan alat produksi bersama itu bisa melalui koperasi,” lanjut Teten

Teten pun mengakui, eksistensi brand-brand lokal memang harus ditata ulang. Ia pun mendorong setiap daerah memiliki produk unggulan masing-masing. 

“Jangan terlalu banyak brand. Sedikit tapi kuat. Adanya ‘factory sharing’ itu untuk memperkuat produktivitas dan kualitas produk dengan brand lokal yang tidak terlalu banyak,” kata Teten.