Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023. (Foto: kemenparekraf.go.id)

MNEWS.co.id – Ajang Karya Kreatif Indonesia (KKI) kembali digelar oleh Bank Indonesia (BI) tahun ini dengan mengangkat tema ‘Badarau Nusantara-Berkolaborasi Mendorong Semangat Kebaruan dan Inovasi UMKM di Seluruh Nusantara.’

KKI 2023 berlangsung secara offline di Hall B JCC pada 27-30 Juli 2023 dan diikuti oleh ­300 UMKM, sedangkan pameran online juga tetap dilakukan pada website KKI dengan melibatkan lebih dari 800 UMKM dari seluruh Indonesia.

KKI 2023 menampilkan beragam produk wastra, kriya, kopi, serta makanan dan minuman olahan, yang disajikan dalam pameran produk UMKM yang telah lolos kurasi secara ketat baik dari UMKM Binaan dan Mitra BI, juga UMKM dari enam Kementerian dan Lembaga (K/L) yaitu Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Dewan Kerajian Nasional (Dekranas).

Gubernur BI Perry Warjiyo selaku tuan rumah KKI mengatakan, kebangkitan UMKM dapat diwujudkan melalui tiga kata kunci, yaitu konsisten, inovasi, dan sinergi (KIS). Pertama, konsisten dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk sehingga dapat meningkatkan daya saing UMKM. 

“Kedua, kami mendorong inovasi agar UMKM dapat menghadapi perkembangan digitalisasi dan tren pasar. Kebangkitan UMKM perlu didukung pula oleh transformasi UMKM yang semakin inovatif, kreatif, dan adaptif sehingga dapat memperluas akses pasar dan jaringan rantai pasok, serta meningkatkan akses pembiayaan,” kata Perry.

Ketiga, sinergi sebagai elemen penting dalam menciptakan kebijakan dan program yang lebih efektif dan efisien antara Kementerian/Lembaga (K/L), untuk mendorong perluasan pasar bagi produk-produk UMKM Indonesia, memperkuat sisi penawaran dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM, dan memperkuat sisi permintaan dalam rangka mendorong semangat bangga, cinta, dan beli produk dalam negeri. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi acara pameran produk UMKM “Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023” yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) sebagai upaya mempercepat para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM naik kelas.

“Kalau dilihat dari KKI tahun-tahun sebelumnya saya mengapresiasi BI yang terus meningkatkan dari segi UMKM yang naik kelas ini betul-betul berkualitas. Saya melihat ada potensi peningkatan ekspor produk ekonomi kreatif yang ditopang oleh fesyen dan kriya mencapai 26,5 miliar dolar AS. Dan ini adalah bagian dari kita untuk menggerakkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.

KKI memiliki peran penting sebagai panggung bersama untuk mendorong sinergi dan kolaborasi di antara stakeholder dan UMKM Indonesia, serta sebagai sarana untuk memperkenalkan inisiatif, tren, dan teknologi baru untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas.

Penyelenggaraan KKI juga mendukung kampanye Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #dilndonesiaAja (BBWl) serta mendukung ASEAN 2023.

“Keberpihakan pemerintah kepada UMKM kita wujudkan lintas kolaborasi antara K/L dan BI telah menancapkan poisisnya sebagai lokomotif. Silakan datang ke Karya Kreatif Indonesia, jangan lupa beli produk-produk kreatif Indonesia dan jangan lupa Bangga Buatan Indonesia,” ajak Sandiaga.