Ilustrasi. (Foto: freepik.com/author/bookzv)

MNEWS.co.id – Dengan semangat pantang menyerah, semangat inovasi, dan keberanian berkreasi, generasi muda Indonesia harus siap untuk memegang tongkat estafet masa depan ekonomi bangsa menuju kemajuan yang lebih gemilang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut generasi muda Indonesia memegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan sehingga mampu berperan sebagai katalisator keberlangsungan ekonomi bangsa.

Ketika menjadi Keynote Speaker pada Seminar dengan tema “The Next Local Hero Kepri”, Auditorium Kampus Institut Teknologi Batam (ITEBA), Sabtu (29/7/2023), Sandiaga mengatakan generasi muda ini perlu didukung dan diberikan pendampingan yang tepat sasaran dan tepat manfaat.

Hal tersebut bertujuan agar potensi yang ada dapat dimaksimalkan dengan baik sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

“Dan mereka perlu diinkubasi dengan penuh kolaborasi,” kata Sandiaga.

Salah satunya melalui program inkubasi Kemenparekraf/Baparekraf yang bertujuan untuk mempersiapkan dan mendukung para pengusaha pemula dalam mengembangkan bisnisnya agar semakin maju sehingga tercipta wirausaha yang tangguh dan berdaya saing tinggi.

“Saya melihat bagaimana menjaga kewirausahaan karena enterpreneurship is mindset, enterpreneurship is not profession. Jadi seorang enterpreneur itu adalah jiwanya, mindset-nya. Yaitu mindset pantang menyerah,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, tidak banyak pengusaha pemula yang bermental baja serta resilience akan kegagalan. Banyak dari mereka jika menghadapi satu kali kegagalan akan menyerah.

Sikap pantang menyerah ini, lanjutnya, harus benar-benar ditanamkan dalam pola pikir pengusaha pemula. Karena menurut Sandiaga, kesuksesan itu diawali dengan kegagalan dan kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan.

The real winner adalah yang mampu bangkit setelah jatuh. Kita harus berani mengambil kegagalan, and that’s your mindset. Jadi enterpreneur harus berani mengambil risiko. Jangan pernah ada di zona aman dan zona nyaman,” pungkas Sandiaga.