Ilustrasi kurma untuk berbuka puasa. (Foto: halodoc.com)

MNEWS.co.id – Ramadan menjadi momen yang dinantikan banyak masyarakat Indonesia. Dalam menyambut bulan puasa, selain mempersiapkan diri secara spiritual, masyarakat juga semakin antusias membeli berbagai kebutuhan Ramadan, salah satunya melalui platform e-commerce.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengungkapkan jika berdasarkan data internal Tokopedia, menjelang Ramadan 2023, terjadi peningkatan jumlah kunjungan pada halaman produk (product page view) sebesar lebih dari 1,5x lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Jelang Ramadan 2023, Makanan dan Minuman, Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, dan Kesehatan menjadi sejumlah kategori paling dicari melalui Tokopedia.

Nuraini menambahkan bahwa pada periode yang sama, bumbu dan bahan masakan, makanan ringan, obat-obatan, aksesori motor dan perlengkapan kebersihan menjadi beberapa produk terlaris di Tokopedia.

Nuraini menambahkan, menjelang Ramadan 2023, masyarakat sudah mulai membeli produk makanan dan minuman khas puasa. Terbukti dari data Tokopedia yang memperlihatkan bahwa kurma, madu, dan sirup mengalami peningkatan transaksi sebesar 3x lipat.

Jelang bulan puasa tahun ini, lanjut Nuraini, Fesyen Muslim menjadi kategori paling diserbu masyarakat lewat Tokopedia. Selain itu, perlengkapan ibadah, seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena dan sarung merupakan sejumlah produk paling diburu.