Saat ini, bisnis bunga kering juga mulai marak ditekuni dengan potensi yang cukup menjanjikan. (Foto: Lunette Flower Gift)

MNEWS.co.id – Bisnis bunga kini tidak melulu hanya menjual bunga segar. Saat ini, bisnis bunga kering juga mulai marak ditekuni dengan potensi yang cukup menjanjikan. Sifatnya yang awet dan kemudahan penyimpanan membuat bunga kering populer di kalangan banyak orang, terutama saat dikirim ke lokasi yang jauh.

Alasan tersebut yang menarik minat Chrisfella Cokro Handoyo dan Clarissa, dua anak muda pemilik Lunette Flower Gift, toko bunga kering yang telah mengirim produk bunga mereka ke seluruh Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce.

Chrisfella dan Clarissa memulai usaha ini pada tahun 2015 ketika mereka masih duduk di bangku perkuliahan. Pada awalnya, Lunette Flower Gift menjual produk berupa buket bunga segar. 

Semuanya berubah ketika pada pandemi 2020 dan mereka berdua memutuskan untuk mempelajari ilmu merangkai bunga ini lebih dalam dengan mengikuti kursus.

“Ketika pandemi kan banyak orang senang kirim-kirim sesuatu ya, nah menurut kami bunga kering lebih praktis karena tahan lama dan bisa di kirim ke seluruh Indonesia,” cerita Chrisfella dikutip dari laman Tokopedia.

Berjualan di platform e-commerce memberi Lunette Flower and Gift banyak kesempatan untuk bertemu calon pembeli dari seluruh Indonesia. Saat ini misalnya, mereka sudah mengirim bunga hingga ke Papua, Kalimantan, dan Sulawesi.

Selain menggunakan kanal penjualan online untuk menjangkau pembeli dari seluruh Indonesia, Lunette Flower juga mengoptimalkan platform e-commerce dengan berpartisipasi dalam berbagai kampanye dan promosi yang tersedia untuk memaksimalkan penjualan di hari-hari spesial.

“Menjelang Hari Kasih Sayang, produk yang paling banyak dicari yaitu bingkai bunga dan buket bunga. Bahkan penjualan kami bisa meningkat hingga 3x lipat dibanding biasanya. Selain Hari Kasih Sayang, penjualan Lunette Flower and Gift juga melonjak signifikan di saat musim wisuda atau kenaikan kelas, Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, dan Tahun Baru,” jelas Clarissa.

Sebagai UMKM lokal, Lunette Flower and Gift juga berupaya mendukung sesama UMKM dan perkebunan lokal. Saat ini, semua produk yang dijual Lunette berasal dari perkebunan bunga lokal.

“Bunga yang kami pakai, seperti Edelweis, Klobot dan Sola, kami dapatkan sepenuhnya dari petani lokal di Jawa Barat, Jogja dan Salatiga, hingga Malang. Kami berharap usaha kami dapat berkontribusi pada industri bunga di Indonesia,” ungkap Chrisfella.

Selain itu, Lunette Flower and Gift juga bekerja sama dengan UMKM lainnya untuk mengembangkan inovasi produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Saat Lebaran dan Natal, misalnya, mereka membagikan paket keranjang produk UMKM yang dibungkus cantik dengan bunga Lunette. Melalui kerja sama ini, Lunette berharap dapat terus mendukung UMKM lainnya sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat.