Jakarta, MNEWS.co.id – Sebagai pelaku usaha, Anda harus jeli melihat keadaan dan memanfaatkan momentum untuk dapat meningkatkan penjualan, terutama ketika akan diadakannya event Harbolnas menjelang akhir tahun.
Agar lebih banyak menarik minat pembeli, berikut adalah beberapa metode promo yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM untuk memanfaatkan momentum promo Harbolnas 2024 yang kami rangkum dari Moka.
1. Berikan diskon
Anda bisa memberikan banyak diskon yang variatif. Dengan memanfaatkan momentum Harbolnas dan juga momen Natal, Anda dapat memberikan variasi diskon kepada para konsumen dengan harga-harga spesial.
2. Bebas ongkir
Salah satu hal yang masih mengganjal bagi sebagian pembeli online adalah ongkos kirim (ongkir) yang mahal. Namun, apabila Anda memberikan ongkir gratis, kemungkinan besar akan banyak pembeli yang tertarik. Dengan ongkir gratis, pembeli tidak hanya mendapat kemudahan, tetapi juga mendapat value lebih ketika melakukan transaksi.
3. Tawarkan cashback
Cashback adalah pengembalian sejumlah uang kepada pembeli setelah mereka membeli suatu produk. Walau demikian, Anda sebagai merchant bisa menerapkan beberapa syarat atau ketentuan bagi pembeli. Sebagai contoh, konsumen baru akan mendapatkan cashback ketika mereka sudah melakukan pembelian dengan nominal tertentu.
4. Adakan flash sale
Flash sale adalah penjualan dalam waktu singkat dengan jumlah produk yang terbatas yang dijual dengan harga murah. Pendekatan ini terbilang efektif karena persediaan barang terbatas, sedangkan banyak sekali calon pembeli yang tentu saja tidak ingin melewatkan momen ini.
5. Beli 1 gratis 1 (buy 1 get 1)
Metode ini sudah sangat umum digunakan dan terbukti sangat efektif. Melalui promo Harbolnas 2020 ini, pembeli mendapatkan value tambahan karena mereka mendapatkan satu produk tambahan lainnya.
Pendekatan ini sebetulnya merupakan sarana untuk menjual produk lebih banyak dengan profit tertentu karena konsumen membeli dua buah produk sekaligus.
Itulah beberapa metode promo dalam momentum Harbolnas 2020 yang dapat diterapkan oleh pelaku UMKM. Melalui beberapa metode promo tersebut, pastikan Anda dapat mengoptimalkan momentum Harbolnas tahun ini untuk meningkatkan penjualan di akhir tahun 2024.