Ilustrasi penjualan online. (Foto: Shutterstock)

MNEWS.co.id – Siapa yang tidak ingin jualan online sukses dan laris manis? Di era digital saat ini, menjual produk secara online telah menjadi salah satu strategi yang efektif bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan dan menjangkau konsumen potensial dari berbagai wilayah.

Dalam berjualan secara online, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar produkmu laris manis dan bisnis dapat berjalan dengan sukses.

Apa sajakah hal-hal tersebut? Yuk, simak lebih lanjut di artikel berikut.

Pilih Platform E-commerce yang Tepat
Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memilih platform e-commerce yang tepat untuk menjual produk. Ada banyak platform yang dapat kamu pilih. Lakukan riset tentang fitur, popularitas, dan audiens yang dijangkau oleh masing-masing platform tersebut. Pilihlah platform yang sesuai dengan karakteristik produk dan target pasar yang ingin dicapai.

Foto yang Menjual
Hal lain yang wajib diperhatikan untuk membuat jualan online laris manis adalah dengan memasang foto produk yang menjual

Mengapa?

Karena saat berjualan online,pembeli tidak bisa bertemu secara langsung dengan penjual dan melihat kondisi barang yang dijual. Untuk itu, memasang foto yang menjual dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli dalam mempertimbangkan di toko mana ia akan berbelanja. 

Apa yang dimaksud menjual? Maksudnya, pastikan foto produk yang kamu pasang memiliki resolusi yang jelas, menarik, dan jelas. Selain itu, pastikan pula barang yang kamu foto sesuai dengan kondisi aslinya supaya pembeli tidak merasa tertipu ketika barang tersebut sampai pada mereka.

Deskripsi Produk yang Jelas
Deskripsi produk yang jelas akan sangat membantu calon pembeli untuk mengetahui detail produk yang dijual. Itulah mengapa deskripsi produk menjadi bagian penting yang harus sangat diperhatikan supaya jualan online laris manis. 

Buatlah deskripsi produk yang unik dan on point sehingga mudah dipahami oleh calon pembeli. Pastikan pula informasi produk tercantum pada deskripsi secara ringkas dan jelas. 

Copywriting yang Menarik
Copywriting memiliki tujuan untuk mengubah perilaku konsumen, menyampaikan pesan dari penjual, dan mengajak konsumen agar tertarik pada produk yang dijual.

Pasti kamu pernah melihat slogan atau judul promosi penjualan, seperti “Beli 1 Gratis 1”?

Ini adalah contoh dari teknik copywriting yang bertujuan untuk menarik perhatian calon konsumen.

Selain itu, terdapat berbagai teknik copywriting lain yang dapat kamu pelajari melalui internet untuk membantu menjual produk secara online dengan sukses.

Bangun Kepercayaan dengan Pelayanan yang Memuaskan
Membangun kepercayaan konsumen terhadap toko onlinemu juga memiliki peranan penting dalam membuat penjualan laris manis Kepercayaan dalam bisnis memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian, baik oleh calon pembeli maupun pelanggan yang sudah pernah membeli sebelumnya.

Selain menyediakan produk berkualitas, memberikan pelayanan yang baik juga menjadi kunci untuk menjadikan penjualan online laris manis. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah sigap merespons chat dan mengirim produk dengan cepat.

Promo Menarik
Hal lain yang perlu kamu perhatikan supaya jualan online makin laris manis adalah dengan menawarkan promo. Dengan adanya promo, diharapkan dapat meningkatkan pembelian produkmu.

Namun, sebelum membuat promo, pastikan kamu telah menghitung budget yang kamu miliki untuk melaksanakannya. Jangan sampai maksud hati memberikan promo, justru membuat bisnis kamu boncos.

Manfaatkan Media Sosial
Manfaatkan kekuatan media sosial untuk mempromosikan produkmu. Buatlah konten menarik seperti foto produk, video tutorial, atau testimoni pelanggan yang memuaskan. Gunakan platform media sosial seperti Instagram atau TikTok untuk memperluas jangkauan dan membangun komunitas pelanggan yang loyal.

Jualan online bisa menjadi peluang besar bagi UMKM untuk berkembang dan sukses. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kamu dapat meningkatkan peluang dalam menjual produk secara online dengan laris manis.

Tetaplah berinovasi, fleksibel, dan responsif terhadap perubahan tren serta kebutuhan pasar.