Ilustrasi Kue Kering. (Foto: https://www.taste.com.au/)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menjelang Natal, suguhan kue sudah harus dipersiapkan. Chef Devi Tandri memberikan lima tips yang agar kue Natal buatanmu tak gagal. Perayaan spesial ini tentunya harus dipersiapkan dengan sangat matang dan semaksimal mungkin.

Salah satu yang tak boleh ketinggalan adalah berbagai suguhan spesial untuk disajikan kepada keluarga. Kue-kue yang manis, kue kering kegemaran anak, hingga berbagai hidangan favorit keluarga tak boleh absen pada perayaan istimewa ini.

Jika ingin mencoba membuat kue Natal sendiri juga tidak ada salahnya. Justru kue Natal yang dibuat sendiri rasanya akan lebih spesial lagi. Chef Devi Tandri selaku Executive Chef dari Exquise Patisserie memberikan tips agar kue Natal tidak gagal dan hasilnya sempurna.

Berikut ini 5 tips membuat kue Natal agar hasilnya sempurna menurut Chef Devi Tandri.

1. Pastikan Takaran Bahan Sesuai

Membuat kue tidak semudah memasak makanan biasa. Saat membuat kue takaran bahan-bahan yang digunakan harus sangat sesuai dengan resep yang digunakan jika tak ingin kuenya gagal.

“Iya, kalau kue itu kan sensitif. Takarannya harus sama persis, lebih-lebih sedikit boleh, tapi jangan kebanyakan. Misalnya baking powdernya kebanyakan itu nanti jadi nggak bagus atau kalau baking sodanya yang kebanyakan rasanya bisa kayak sabun,” kata chef Devi.

2. Masukkan Bahan Kue Sesuai Urutan

Bukan hanya penggunaan bahan, chef Devi juga mengungkapkan urutan saat memasukkan bahan-bahan kue juga harus sesuai dengan petunjuk resep. Urutan memasukan bahan ini berdampak pada pencampuran bahan nantinya dan hasil kue saat akan memasuki proses pemasakan. Jika tidak tepat, kue tidak akan mengembang dengan sempurna dan mencapai bentuk sebagaimana mestinya.

“Urutan bahan juga harus sesuai. Misalnya seperti mencampurkan mentega dan gula halus itu harus dibiarkan dulu sampai lembut dan menteganya mengembang fluffy. Kalau mau mencampurkan gula dan telur dulu juga harus dilakukan sampai mengembang sempurna baru kemudian masuk bahan-bahan lainnya. Karena kan kue itu harus masuk dulu udaranya biar bisa mengembang sempurna,” ujarnya.

3. Memastikan Bahan-Bahan Memiliki Suhu Sama

Jarang banyak yang tahu, saat membuat kue, suhu dari bahan-bahan yang digunakan juga sangat berpengaruh. Terutama pada mentega dan telur, jika salah satunya berada pada suhu ruang maka keduanya harus ada pada suhu ruang yang sama.

“Mentega itu sebaiknya pakai suhu ruang agar pas dicampur sama bahan yang lain lebih mudah tercampur dan lebih cepat fluffy. Nah, kalau menteganya sudah suhu ruang, telur yang digunakan juga harus mengikuti di suhu yang sama. Nggak boleh ada yang lebih dingin atau suhunya berbeda kalau mau hasilnya maksimal,” tambah chef Devi.

4. Mengendalikan Panas Oven

Beberapa kue diungkapkan oleh chef Devi cukup sensitif terhadap suhu panas pada saat pemanggangan. Salah satunya adalah pound cake. Suhu yang terlalu panas diungkapkan dapat membuat pound cake lebih cepat matang bahkan gosong di bagian luarnya sedangkan bagian dalamnya akan masih basah dan tidak matang.

“Suhu juga biasanya kan ada petunjuk dari resepnya, itu harus sama. Nggak boleh terlalu panas atau bahkan panasnya tidak merata. Apalagi kalau pound cake itu kena suhu terlalu panas nanti dia luarnya matang lebih cepat dan dalamnya masih basah. Suhu yang tidak merata juga bisa saja bikin kuenya gagal mengembang,” jelasnya.

5. Usahakan Tidak Dibarengi Pekerjaan Lain

Membuat kue di rumah mungkin bisa dibayangkan bisa dikerjakan sambil melakukan banyak pekerjaan rumah lainnya. Ternyata membuat kue sambil mengerjakan pekerjaan yang lain sangat tidak dianjurkan oleh chef Devi. Pasalnya membuat kue butuh perhatian yang tinggi dan harus dilakukan dengan teliti.

“Kalau bikin kue itu benar-benar harus diperhatikan. Apalagi kalau bikin cookies, mengaduknya nggak boleh terlalu lama atau terlalu sebentar. Tepungnya itu kan ada pati jadi nanti hasilnya kurang bagus kalau diaduk terlalu lama. Memasukkan cairan seperti susu juga harus diperhatikan konsistensinya, tidak harus sesuai resep saja. Jadi benar-benar tidak bisa ditinggal,” pungkas chef Devi.