Peserta Kelas Komunitas Sahabat UMKM dan Shopee belajar membuat Light Box. Foto: (doc/MNEWS)
Peserta Kelas Komunitas Sahabat UMKM dan Shopee belajar membuat Light Box. Foto: (doc/MNEWS)

Jakarta, MNEWS.co.id – Berjualan secara online memerlukan trik tersendiri, khususnya dalam mempersiapkan foto produk yang menarik bagi para calon pembeli yang tengah berselancar di dunia maya. Setelah sebelumnya membahas tips dan trik foto produk agar semakin dilirik, kali ini Kelas Komunitas Sahabat UMKM bersama Shopee mengadakan workshop membuat light box sendiri.

Peserta yang dibagi menjadi tiga kelompok, sudah diberikan peralatan dan bahan yang diperlukan. Di antaranya kardus bekas (box) berukuran besar, kertas mika atau kertas minyak transparan, kertas karton putih, cutter, lakban, dan lampu LED (Light Emitting Diode) 23 watt.

Para peserta Kelas Komunitas Sahabat UMKM dan Shopee belajar membuat Light Box.
Foto: (doc/MNEWS)

Tiap kelompok bertugas untuk membuat light box sendiri berdasarkan langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya, dan dipandu oleh Riva Yozi Pratama, Senior Analyst (Community Development) dan Ghalih Wirahadi Akbari dari Shopee.

Selama sesi workshop berlangsung, peserta tampak antusias dan bersemangat untuk bekerja sama membuat light box. Ada kelompok yang mengerjakannya dengan cepat, ada pula yang menyelesaikannya dengan sangat rapi. Nantinya setelah light box rampung dibuat, para peserta diperbolehkan menggunakannya untuk membuat foto produknya masing-masing.

Peserta Kelas Komunitas Sahabat UMKM dan Shopee selesai membuat Light Box.
Foto: (doc/MNEWS)

Cara membuat light box ini pun tidak sulit. Cukup menggunakan kardus bekas, ukurannya disesuaikan dengan produk yang ingin difoto. Prinsipnya dalam membuat light box, kardus harus diposisikan sebagai sebuah ruangan kecil semacam ‘mini studio’ untuk meletakkan produk di dalamnya. Cahaya dengan intensitas yang sama diarahkan dari sisi kanan dan kiri ke bagian dalam kardus.

Berikut langkah-langkah membuat light box:

  1. Ambil box, sesuaikan ukurannya dengan produk yang ingin difoto
  2. Rekatkan bagian tengah box dengan lakban hingga tertutup rapat
  3. Buka bagian depan
  4. Garis sekitar 3 cm dari pinggir box di sisi kiri dan kanan, gunakan penggaris panjang untuk menciptakan garis yang tidak terputus
  5. Potong bagian depan.
  6. Tutupi bagian yang telah dipotong dengan kain putih/kertas minyak putih
  7. Masukkan karton untuk background (sesuaikan dengan produk, biasanya warna yang digunakan adalah putih atau hitam)
  8. Tambahkan cahaya lampu LED di sisi kanan/kiri/atas utk penerangan di dalam box
  9. Cobalah ambil gambar dan atur selera sesuai eksposure.

Demikian tips DIY (Do It Yourself) Light Box, bisa dicoba di rumah atau di mana saja. Untuk lebih lengkapnya, bisa mencontek langkah-langkahnya di sini

Salah satu peserta workshop mencoba mengambil foto produk di Light Box yang sudah dibuat.
Foto: (doc/MNEWS)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here