Ilustrasi Pameran UMKM. (Foto: Seputar Semarang)

Semarang, MNEWS.co.id – Peran pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menjaga pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional dan daerah sudah tidak diragukan lagi. Untuk memberikan dukungan bagi pelaku UMKM di Jawa Tengah, Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Provinsi Jawa Tengah menghadirkan UKM Virtual Expo. Pameran produk UMKM yang dilaksanakan secara virtual ini akan berlangsung pada 25 – 27 Oktober 2020.

Kepala Dinkop UMKM Jateng, Ema Rachmawati menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk membantu pelaku UMKM di Jawa Tengah dalam memasarkan produknya. Terlebih untuk menjaga pelaku UMKM dalam menjalankan kegiatan usahanya di masa new normal.

Pameran produk secara virtual ini tidak hanya memastikan keamanan pelaku UMKM atas risiko penyebaran Covid-19, tetapi sekaligus membuka peluang lebih luas karena pameran virtual dapat diakses oleh pengunjung dari berbagai wilayah, tak terkecuali dari luar negeri.

“Kepesertaan UKM Virtual Expo tidak dipungut biaya. Para pelaku usaha yang memamerkan produknya berkesempatan untuk dilihat oleh seluruh dunia, juga berkesempatan produknya dijual langsung oleh Bapak Gubernur Jateng dan Ibu Hj. Nawal Nur Taj Yasin, Istri Wakil Gubernur Jateng,” katanya.

Program ini diharapkan mampu mendorong laju perekonomian di Jawa Tengah, khususnya di sektor UMKM. Selain itu, Ema juga berharap bahwa pelaku UMKM dapat memperluas pasar dengan memanfaatkan teknologi digital.

Ema juga berharap agar program ini dapat menjadi pemantik bagi pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk mulai beralih dari model penjualan konvesional yang bergantung dari transaksi langsung. Di era digital seperti sekarang ini, menurut Ema, pelaku UMKM harus memanfaatkan pasar online sebaik-baiknya.

UMKM Virtual Expo menjadi momentum pertama kalinya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melaksanakan pameran secara virtual. Live streaming  dilakukan secara in-house dari Kantor Dinkop UMKM Jateng. Bermodalkan studio mini dan teknologi green screen, Ema mengungkapkan bahwa UKM Virtual Expo ini akan menjadi agenda yang istimewa di Jawa Tengah.

Seluruh pengisi acara akan hadir secara langsung untuk melakukan taping atau pengambilan video. Seluruh pengisi acara termasuk business coach dan youtuber nasional akan hadir secara langsung di studio mini Dinkop UMKM Jateng.

Dalam acara ini, 101 koperasi dan UMKM dari 28 Kabupaten/Kota se-Jateng akan ikut memamerkan produknya. Ada empat sektor usaha UMKM yang  ditonjolkan, yakni handicraft atau kerajinan tangan sebanyak 22 UKM, fashion sebanyak 30 UKM, makanan dan minuman sebanyak 42 UKM, dan lain-lain sebanyak 5 UKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here