Ilustrasi bisnis kuliner. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam membangun bisnis kuliner penting untuk menjaga dan memperhatikan konsistensi rasa dari makanan. Sebab rasa disebut sebagai kunci sukses dari sebuah bisnis kuliner.

Apalagi hal ini penting untuk mempertahankan konsumen agar tidak pindah ke tempat lain. Namun menjaga konsistensi rasa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika jumlah pesanan mencapai ratusan. Atau bagi bisnis yang sudah membuka banyak cabang.

Berikut tipsnya agar cita rasa makanan tetap terjaga seperti dilansir dari Detik Food.

Standardisasi Menu
Salah satu kunci menjaga konsistensi rasa makanan yaitu dengan membuat standardisasi menu atau menyajikan standar kualitas cita rasa menu di semua outlet. Tidak hanya menu harian, menu spesial yang di-launching saat momen-momen tertentu juga perlu direncanakan. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu merasa khawatir untuk mengunjungi gerai restoran atau outlet Anda di tempat mana pun.

Manajemen Dapur Pusat
Jika Anda memiliki beberapa outlet yang tersebar dalam 1 kota, maka bisa mencoba sistem dapur terpusat, yakni sebagian besar kegiatan memasak dilakukan di dapur pusat. Dapur pusat ini akan memastikan konsistensi rasa serta kualitas makanan saat disiapkan di bawah satu atap. Nantinya, 90 persen masakan akan disiapkan oleh dapur pusat, baru kemudian didistribusikan ke seluruh gerai.

Membuat SOP
Merancang prosedur operasi standar atau SOP jadi salah satu aspek krusial dari bisnis kuliner, terutama yang akan membuka banyak cabang seperti dilansir dari Dineplan. Adapun SOP yang mencakup resep, ukuran, dan proporsi nantinya akan menjadi panduan praktik dan prosedur yang diterapkan di seluruh rantai bisnis demi menjaga konsistensi. Selain itu SOP juga akan membantu Anda dalam mengelola produk makanan yang dipasok oleh vendor, baik itu kualitas, kuantitas maupun harga.

Memiliki Peralatan Serupa
Peralatan dapur punya peranan penting dalam menjaga rasa makanan. Oleh karena itu, Anda bisa menyediakan peralatan dapur serupa di semua gerai bisnis. Hal tersebut supaya mempermudah untuk menghasilkan produk dengan cita rasa sama, sehingga konsistensi rasa dan kualitas dari makanan tetap terjaga di semua cabang/outlet bisnis.

Buat Pelatihan Staf
Untuk mencapai konsistensi rasa dan kualitas makanan, maka peran staf tidak boleh dilupakan. Apalagi mereka menjadi sosok yang terjun langsung dalam proses pembuatan makanan. Supaya rasanya sama dan konsisten, tidak ada salahnya menggelar pelatihan bagi para staf. Jangan hanya sekali, disarankan menggelar pelatihan beberapa kali dan rutin supaya berkelanjutan. Selain konsistensi rasa, membuat menu yang khas dan berbeda dengan bisnis kuliner lainnya perlu dilakukan.