Ilustrasi. (Foto: freepik.com)

MNEWS.co.id – Bulan Agustus identik dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada 17 Agustus nanti, Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-78. Biasanya menjelang hari istimewa ini, berbagai pusat perbelanjaan hingga pelaku usaha akan turut merayakan momentum kemerdekaan dengan menghadirkan festival belanja dan memberikan ragam promo serta diskon yang menarik.

Sebagai pelaku UMKM, Hari Kemerdekaan Indonesia dapat menjadi momentum emas untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk atau jasa mereka.

Berikut ini adalah beberapa ide promosi yang dapat diterapkan oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan momentum Hari Kemerdekaan.

Memberikan Diskon Khas Hari Kemerdekaan
Menghadirkan diskon khas saat hari kemerdekaan sangat cocok diterapkan untuk sektor apapun dan jumlah diskon yang diberikan pun dapat menyesuaikan dengan angka-angka yang sangat khas saat hari kemerdekaan yaitu seperti 17, 8, 45 dan 78. 

Kamu juga bisa menghadirkan berbagai macam diskon yang dikombinasikan dengan beberapa nominal promo dalam satu kali penawaran. Misalkan dengan menerapkan diskon berjenjang yaitu pembelian Rp100.000,- ke atas akan dikenakan diskon sebesar 8%, sementara untuk pembelian Rp300.000,- ke atas akan mendapatkan diskon sebesar 17%.

Selain itu, kamu juga dapat menerapkan diskon plus misalnya diskon 17% + 45% untuk beberapa item tertentu, karena jumlah diskon yang besar tentunya akan menarik minat para konsumen.

Kode Voucher Khusus Hari Kemerdekaan
Menawarkan kode voucher khusus juga mampu menarik minat para konsumen terlebih untuk para konsumen yang sering berbelanja melalui website ataupun marketplace. Terlebih jika Anda sudah menggunakan media online dan bisa mengaplikasikan promosi dengan membuat kode voucher tertentu, misalnya “Merdeka78” untuk mendapatkan diskon hingga 78%.

Memberikan Harga Khusus
Selain kode voucher, menerapkan harga khusus pada beberapa item produk juga mampu menarik perhatian konsumen untuk membeli dan strategi promosi yang satu ini layak untuk dicoba.

Anda bisa memilih beberapa produk untuk dijual dengan harga khusus dengan nominal harga sesuai dengan tema Hari Kemerdekaan, misalkan produk dengan harga lebih murah yaitu Rp17.000,- atau Rp45.000,-.

Promo Ulang Tahun
Pelaku UMKM juga bisa menerapkan ide promo ulang tahun yaitu jika pelanggan berulang tahun bertepatan dengan Hari Kemerdekaan, maka akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo menarik ataupun diskon besar. Promosi ini sangat tepat untuk diterapkan dan pastikan untuk mengumumkan promo ini beberapa minggu sebelum Hari Kemerdekaan.

Memanfaatkan momen hari-hari besar contohnya seperti Hari Kemerdekaan adalah salah satu bentuk strategi promosi yang tepat untuk menarik konsumen agar dapat membeli produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha.

Dengan kreativitas dan semangat kemerdekaan, pelaku UMKM dapat menghadirkan ide promosi yang menarik dan efektif untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia serta meningkatkan awareness dan penjualan produk mereka. Selamat menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78! Merdeka!

Selamat mencoba!