Ilustrasi. (Foto: Clip Champ)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tidak bisa dielak, penggunaan media sosial, seperti Instagram, sudah menjadi bagian terpenting dalam meningkatkan brand awareness dan jangkauan sebuah produk. Salah satu fitur Instagram yang dapat digunakan oleh pengguna dan pelaku UMKM untuk meningkatkan jangkauan pasarnya adalah Reels.

Sejak awal diluncurkan pada akhir 2020, fitur Instagram Reels makin banyak disukai oleh para content creators dan para pengguna baik kalangan umum maupun pelaku usaha. Bahkan tidak hanya menjadi media komunikasi, fitur ini juga dimanfaatkan sebagai sarana marketing.

Melalui algoritma yang unik, fitur ini menarik untuk menarik audiens. Instagram Reels bisa untuk meningkatkan performa bisnis bagi pelaku usaha. Tips menggunakan Instagram Reels untuk jualan juga sangat mudah.

Instagram Reels adalah fitur video dari Instagram yang memungkinkan pengguna membuat konten selama 15 hingga 90 detik dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna seperti penambahan musik, stiker, dan juga teks.

SImak beberapa tips berikut ini tentang cara menggunakan Instagram Reels yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan performa bisnis.

1. Bagikan konten Edutainment
Konten Edutainment (education entertainment) merupakan cara yang bagus untuk memulai di Reels. Beberapa konten seperti 5 rutinitas perawatan kulit atau 3 rahasia dalam mix & match kain batik hingga cara membuat photo terbaik untuk produk Anda.

Banyak hal baru dan ringan yang dapat dibagikan kepada pengikut Anda yang dapat membantu mereka mempelajari keterampilan baru.

“Dari segi bisnis, konten Edutainment dapat membantu memposisikan Anda sebagai ahli dalam topik tersebut dalam komunitas Anda,” katanya.

2. Bagikan Konten BTS (Behind The Scene)
Konten BTS atau di balik layar membantu pengikut memahami lebih dalam tentang brand Anda  dan mengapa produk tersebut diproduksi untuk audiens Anda. Khususnya bagi para UMKM, konten seperti ini membantu membentuk kepribadian bisnis, mendapatkan kepercayaan dan juga membangun hubungan yang lebih personal dengan para pengikut.

Melalui Instagram Reels, UMKM dapat menunjukkan kepribadiannya dan menciptakan hubungan yang lebih tulus kepada para audiens, salah satunya adalah dengan tur singkat di balik layar.

Konten BTS tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda telah menyisihkan waktu untuk melibatkan audiens dalam bisnis Anda.

3. Tampilkan Produk Otentik Anda
Instagram Reels adalah peluang besar bagi merek dan bisnis yang ingin mendorong awareness dan penjualan tentunya. Anda dapat mempromosikan produk dan menandainya secara langsung.

Tampilan video produk yang dapat dibeli pelanggan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan trafik ke IG Shop. Selain itu, Anda juga dapat mengumumkan promo khusus di Instagram Reels. Beberapa merek besar telah menggunakan metode ini dan terbukti meningkatkan engagement mereka.

Melalui Instagram Reels, cobalah untuk mempertahankan keotentikan brand atau bisnis Anda. Fokus pada orisinalitas dan kreativitas, bukan hanya kualitas video. Banyak hal yang dapat dikembangkan menggunakan fitur ini di Instagram, bisa menampilkan staf atau menghidupkan aspek menarik dari bisnis Anda melalui musik dan gerak.