Jakarta, MNEWS.co.id – Untuk mempertahankan sebuah usaha, pelaku UMKM perlu memiliki ide bisnis yang tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumen, namun juga membedakan dengan kompetitor.
Kreativitas menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Apalagi, kini banyak bisnis yang hanya muncul sesaat dan segera kehilangan peminat. Salah satu alasan utamanya karena kurangnya inovasi ide bisnis yang mereka tawarkan.
Maka dari itu, pelaku UMKM sebisa mungkin harus kreatif dalam melakukan promosi. Dikutip dari Koinworks, berikut beberapa ide promosi kreatif yang wajib dicoba untuk penjualan bisnis Anda.
Poin Loyalitas Member
Loyalitas pelanggan adalah kunci. Banyak bisnis mengumpulkan para pelanggannya dalam klub loyalitas atau member. Tetapi Anda jangan hanya menjadikan mereka member, Anda juga perlu memberikan promo baik itu hadiah ketika mereka mendaftar atau penawaran khusus yang hanya ada di program member seperti potongan harga khusus.
Mengadakan Giveaway
Ketika Anda membuat acara, menjelang kegiatan tersebut Anda bisa mengadakan kontes atau giveaway dengan berbagai ketentuan yang bisa kamu terapkan. Hadiahnya bisa berupa tiket gratis atau potongan harga tertentu.
Jangan lupa untuk sertakan hashtag atau mengajak teman yang lain untuk menarik perhatian lebih banyak target audiensmu. Semakin menarik hadiahnya, ini bisa menjadi ide promo kreatif untuk penjualan acaramu.
Membagikan Sneak Peek atau Review Acara
Saat membuat suatu acara, Anda bisa membuat preview dari kegiatan yang akan digelar. Istilahnya berikan sedikit bocoran tentang acara dan jangan lupa berikan sedikit hadiah bagi mereka yang berhasil menebak sesuatu atau tiket gratis masuk area tertentu bila membeli produk dengan jumlah tertentu.
Berkolaborasi dengan Influencer
Menggandeng influencer atau brand ambassador bisa menjadi salah satu ide promo kreatif untuk penjualan produk atau suatu acara. Nantinya, produk atau kegiatan Anda bisa semakin banyak diketahui oleh orang banyak, termasuk para followers dari para influencer atau brand ambassador itu.
Mendukung Komunitas Lokal
Mensponsori atau mendukung komunitas lokal adalah salah satu cara meningkatkan promosi brand atau bisnis secara kreatif agar semakin dikenal oleh banyak orang. Ini juga menunjukkan kalau bisnis Anda berkomitmen dan peduli dengan komunitas lokal. Cara ini bisa dengan mensponsori tim olahraga lokal dengan pertimbangan mencantumkan logo bisnis di kostum atau perlengkapan olahraga mereka.
Saat menjalankan sebuah bisnis, Anda perlu untuk melakukan beberapa strategi pemasaran, salah satunya promosi. Dengan melakukan promosi maka audiens akan tau informasi jelas tentang produk baru atau bisnis. Yang menjadi kunci sebuah pemasaran berhasil atau tidak adalah apabila audiens tertarik terhadap produk yang Anda tawarkan.