Ilustrasi jualan online. (Foto: Freepik/biancoblue)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sebuah bisnis online tentunya membutuhkan kehadiran dan peran admin online shop yang berperan dalam memantau dan merespon pesanan dari calon pembeli. Apalagi jika permintaan barang sudah banyak, sebuah bisnis online tentunya membutuhkan orang yang bisa membantu Anda melayani konsumen. Admin online shop salah satunya. 

Banyak yang mengira, tugas admin online shop hanya sebatas posting konten dan membalas komentar serta pesan inbox dari konsumen. Namun, tugas admin bisa lebih dari itu. Admin bisa menjadi ujung tombak bisnis online Anda. 

Lalu, seperti apa sebenarnya tugas seorang admin online shop? Simak detailnya berikut ini yang telah MNEWS.co.id rangkum dari Moka.

1. Membalas pesan dari pelanggan 

Tugas yang paling utama dari seorang admin online shop adalah membalas pesan dari pelanggan. Pesan tersebut bisa berupa pertanyaan atau berisi pesanan dari pembeli. 

Seorang admin online shop harus sering mengecek akun toko online-nya secara berkala, misal, setiap 30 menit sekali. Notifikasi segala aktivitas akun pun patut dinyalakan agar admin bisa merespon pesan sesegera mungkin. Audiens sangat senang jika pesan yang ia kirim bisa lekas dibalas. 

Membalas pesan dari pelanggan pun ada ketentuannya. Admin online shop perlu membalas pesan dengan keramahan dan memberikan informasi sejelas mungkin. 

2. Mengkonfirmasi pesanan dari pelanggan 

Selain marketplace, banyak konsumen yang memesan produk toko online melalui media sosial. Sebagai orang yang memantau media sosial, seorang admin perlu mengonfirmasi setiap pesanan baru yang masuk dengan cepat. 

Bentuk konfirmasi yang perlu dilakukan bukan hanya mendata pesanan saja, tetapi juga menanyakan kelengkapan info pesanan seperti ukuran produk dan alamat kirim. Admin juga perlu mengurus proses pembayaran seperti memberikan informasi rekening, dan meminta bukti pembayaran dari konsumen. 

3. Mengelola media sosial

Tugas admin online shop yang lainnya adalah mengelola media sosial. Media sosial dibutuhkan untuk strategi pemasaran sehingga ada yang perlu mengontrol media sosial tersebut.

Pengelolaan media sosial yang dimaksud adalah memantau aktivitas audiens di akun kita, mengubah keterangan pada halaman profile saat diperlukan, posting konten, serta memberikan report pencapaian konten secara berkala.

4. Menjelaskan informasi produk kepada pelanggan

Seorang admin online shop harus paham dengan baik produk yang dijual. Jadi, saat ada konsumen yang bertanya, admin bisa menjawabnya dengan detail. Kejelasan informasi dari admin sangat mempengaruhi keputusan pembelian dari konsumen. 

5. Melayani komplain dari pelanggan 

Mungkin terdengar sulit, namun ini adalah salah satu tugas dari admin online shop. Jika ada yang komplain mengenai barang yang dibeli, admin online shop harus segera menanggapinya. 

Admin bukan menjadi satu-satunya orang yang bertugas untuk memberi keputusan tentang bentuk tindak lanjut komplain. Admin dapat berkoordinasi dengan pemilik toko atau bagian pemasaran. 

6. Memperbarui jumlah stok barang

Di sejumlah toko, tugas admin online shop juga termasuk mencatat jumlah stok barang. Mengetahui jumlah stok barang juga penting untuk admin agar saat ada pembeli, admin bisa menanggapinya dengan jumlah stok yang aktual. Jangan sampai pesanan Anda terima, sementara stok barangnya sedang habis. 

7. Mengatur promosi 

Kadang kala, admin online shop juga mengatur promosi toko yang sedang berlangsung dan yang sudah berakhir. Soalnya, admin yang akan mem-posting pengumuman promosi tersebut. Jadi, admin perlu mengetahui update promosi yang berlangsung. 

Mulai sekarang, jangan meremehkan peran dan keberadaan mimin online shop, ya. Karena seorang admin bisnis online adalah garda terdepan yang pertama kali akan berinteraksi dengan calon konsumen kita.