Ilustrasi. (Foto: Soco.id)

Jakarta, MNEWS.co.id Tidak hanya makeup, produk skincare saat ini tengah menjadi favorit masyarakat berbagai kalangan. Keinginan untuk tetap memiliki kulit bagus meski usia bertambah adalah dambaan para pengguna skincare ini.

Selain itu, penggunaan skincare juga dilatarbelakangi dengan keinginan untuk memiliki kulit sehat seperti para idola. Seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap skincare, meningkat pula jenis kejahatan yang terjadi, salah satunya memalsukan produk.

Beberapa pihak tak bertanggung jawab tega memasukkan bahan-bahan berbahaya seperti merkuri, formalin, timbal, hingga hidroquinnon. Lalu bagaimana cara membedakan produk skincare agar tak salah pilih dengan produk abal-abal?

Berikut ini lima cara membedakan produk skincare asli dan palsu dikutip dari Antara.

1. Label manufaktur dan barcode BPOM

Selain segel, Anda dapat melakukan cek pada bagian label informasi manufaktur dan barcode yang bisa dipindai menggunakan ponsel.

2. Segel hologram

Cara paling mudah untuk mengenalinya adalah dengan segel hologram. Pastikan untuk mengecek segel yang tertempel. Selain untuk identitas keaslian produk, segel ini juga berguna untuk mengecek kualitas produk bahwa produk yang diterima masih baru dan belum terbuka. Apabila segel rusak, lebih baik tidak diterima karena kemungkinan kualitas produk sudah tidak terjamin.

3. Aroma produk

Dari segi aroma, produk-produk asli dari mempunyai ciri khas aroma yang lembut dan bahkan ada yang tidak memiliki aroma sama sekali. Sedangkan, produk palsu mempunyai aroma yang tidak enak seperti obat atau alkohol yang menyengat.

4. Kualitas cetakan

Secara tampilan fisik, kualitas cetakan tulisan produk asli biasanya akan lebih tajam. Sedangkan, tulisan pada produk palsu cenderung tidak tajam dan nampak buram. Warna box produk yang asli juga akan berwarna lebih cerah dibandingkan dengan yang palsu.

5. Kemasan

Kemasan produk palsu memang dibuat sama persis dengan yang asli, tetapi bukan berarti tidak bisa dibedakan.