Pembukaan Kantor Baru ITPC Sydney secara virtual di Jakarta, Rabu (11/11/20). (Foto: Kemendag)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (Mendag) meresmikan kantor baru Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Sydney. Langkah ini memudahkan produk UMKM untuk merambah pasar negari Kangguru lantaran berdekatan dengan Sydney Opera House.

“Merevitalisasi ITPC Indonesia merupakan kunci penting bagi Kementerian Perdagangan karena ITPC bukan hanya berfungsi sebagai institusi pemerintah, tetapi juga sebagai agen bisnis,” kata Agus dikutip dari siaran pers Kemendag.

Agus menjelaskan pada kantor baru ITPC Sydney terdapat area khusus yang menampilkan berbagai produk unggulan Indonesia, terutama produk UMKM yang berpotensi diminati buyer Australia. Pameran produk dalam negeri ini juga menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM.

ITPC Sydney merupakan salah satu proyek percontohan Kemendag yang bertujuan meningkatkan citra produk Indonesia bagi masyarakat Australia. Terlebih saat ini kerja sama perdagangan komprehensif sudah bisa dimanfaatkan pelaku usaha kedua negara.

Adapun kantor baru ITPC Sydney terletak di tempat yang strategis yaitu di Shop 3, Ground Floor, 7 Macquarie Place, Sydney. Lokasinya juga berdekatan dengan kantor pemerintahan Australia, seperti Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), NSW Government, kantor perwakilan Indonesia, dan perdagangan negara lain.

“Lokasi baru ITPC Sydney berada di area pusat bisnis yang berjarak hanya satu kilometer dari Sydney Opera House. Lokasi ini dapat menarik perhatian tidak hanya rekan bisnis Australia, tetapi juga wisatawan dari negara lain. Selain itu, tepat di depan kantor ITPC terdapat Macquarie Place Par’ yang merupakan tempat nongkrong favorit bagi penduduk lokal dan wisatawan,” tambahnya.

Kantor ITPC Sydney baru bertema Millennial Industrial Office yang cenderung informal dan minimalis. Rancangan ini mengombinasikan penggunaan material kaca untuk menarik perhatian dan material kayu sebagai cermin salah satu produk unggulan Indonesia. Interior dan tata ruang kantor ITPC Sydney didesain oleh perusahaan perancang interior Indonesia, PT GUJO Batavia.

ITPC Sydney memiliki ruang pamer utama dan display gallery. Untuk tujuan estetika, efisiensi, dan citra, ruang pamer tersebut dikhususkan untuk produk-produk unggulan/juara Indonesia yang berkualitas, representatif, dan telah diseleksi oleh ITPC Sydney.