Ilustrasi perjalanan mudik Lebaran. (Foto: Octa Saputra/otofemale.id)

MNEWS.co.id – Mudik menjadi budaya tak terpisahkan bagi kebanyakan orang saat Lebaran. Ratusan kilometer rela ditempuh demi mempererat silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Tidak hanya dengan transportasi umum, seperti pesawat, kereta dan kapal laut, masyarakat juga kerap mudik dengan kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor.

Sebelum atau setelah perjalanan jauh seperti mudik, kendaraan harus dirawat ekstra agar performa makin optimal.

Yuk, simak beberapa tips merawat kendaraan pribadi, baik mobil atau motor, setelah dipakai untuk menempuh perjalanan mudik Lebaran yang telah kami rangkum dari Tokopedia.

Periksa tekanan ban 
Selama mudik, masyarakat biasanya menemukan beragam kondisi jalan. Kondisi jalan yang dilalui selama mudik tentu mempengaruhi kondisi ban dan roda kendaraan. Jadi, periksalah tekanan ban apakah masih sesuai dengan standar, terutama setelah menempuh perjalanan jauh seperti mudik Lebaran.

Periksa rem dan onderdil kendaraan
Sebagai komponen yang menjaga laju dan menopang kondisi kendaraan, rem dan onderdil kendaraan seperti shockbreaker, per, dan tie rod end patut dicek kondisinya termasuk setelah menempuh perjalanan jauh mudik Lebaran. Pastikan tidak ada kerusakan signifikan yang dapat mengurangi performa kendaraan.

Cek kondisi oli dan periksa kebocoran pada mesin
Mesin yang bekerja terus-menerus selama perjalanan jauh akan berpengaruh terhadap kondisi oli. Setelah perjalanan jauh dan melewati cuaca panas, gantilah oli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan periksa apakah terdapat tanda kebocoran di mesin kendaraan seperti tumpahan oli atau cairan lainnya.

Perhatikan kondisi interior
Selama mudik, sebagian besar waktu kita habiskan di dalam kendaraan. Maka, kondisi interior mobilseperti penutup jok dan karpet juga harus diperhatikan dari kerusakan.

Karpet mobil bisa menjadi salah satu bagian yang paling kotor di dalam mobil dan apabila dibiarkan bisa memicu timbulnya bakteri dan kuman. Maka dari itu, setelah perjalanan jauh, bersihkanlah karpet mobil secara menyeluruh. Pastikan interior mobil juga tetap bersih dan nyaman untuk mobilitas selanjutnya

Lindungi cat kendaraan
Belakangan ini, suhu di Indonesia berkisar 36-37 derajat celcius. Cuaca yang panas ternyata bukan hanya bisa mempengaruhi kondisi tubuh manusia, tetapi juga kendaraan, salah satunya cat mobil atau motor. Cat ada di bagian terluar kendaraan dan langsung bersinggungan dengan perubahan suhu, cuaca dan lingkungan di sekitar.

Untuk menjaga kondisi cat kendaraan agar tetap optimal, lakukan perawatan secara berkala dengan mencuci kendaraan secara menyeluruh. Ini untuk menghilangkan kotoran, debu, dan polusi di permukaan kendaraan usai perjalanan jauh mudik Lebaran.

Jangan abaikan perawatan kendaraan setelah menempuh perjalanan jauh mudik Lebaran agar performanya tetap terjaga untuk menunjang mobilitas sehari-harimu.