MNEWS.co.id – Buku seringkali dikatakan sebagai jendela dunia. Sebab, seperti yang disadari, melalui buku, Anda dapat mengerti pemikiran orang lain melalui apa yang ia tulis.
Sebagai seorang pelaku usaha, terutama bagi para pebisnis online, pandangan orang lain juga mutlak diperlukan untuk membuka pikiran Anda akan dunia bisnis yang ada, khususnya dalam segi pemasaran.
Berikut ini adalah 10 buku untuk pebisnis online yang akan membuat Anda semakin ahli dalam membangun bisnis dengan memanfaatkan internet dan teknologi.
1. What Great Brands Do – Denise Lee Yohn
Belajar dari pengalaman kerjanya selama bertahun-tahun sebagai konsultan merek ternama seperti Frito-Lay dan Sony, Denise Lee Yohn memaparkan tujuh prinsip utama bagaimana seharusnya pencitraan merek dilakukan.
Salah satu penciptaan merek yang kuat ialah Apple dan brand ini bisa dijadikan sebagai contoh.
Jika benar-benar ingin menonjol dari pesaing Anda dan ingin menciptakan merek yang kuat seperti Apple, bacalah buku ini dan terapkan prinsip dalam bisnis Anda.
2. Lead With A Story – Paul Smith
Tanpa cerita, toko Anda hanyalah sebuah situs hambar lainnya di internet. Dengan sebuah cerita, Anda berubah menjadi sesuatu yang mampu melibatkan dan mengilhami konsumen. Hal ini tentu akan menambah warna dan memisahkan Anda dari para pesaing.
Dalam buku ini, Paul Smith menunjukan kepada Anda bagaimana merancang sebuah cerita menawan yang dapat digunakan di About Page Anda, proposisi nilai Anda, materi pemasaran Anda, atau hal lain yang berhubungan dengan pelanggan Anda.
3. Don’t Make Me Think – Steve Krug
Anda mungkin bukan seorang ahli desain, tapi Anda perlu memerhatikan desain toko Anda. Mengapa? Karena pelanggan Anda turut memerhatikannya.
Pelanggan menginginkan hal-hal sederhana dan mudah saat mereka berbelanja di toko Anda. Sayangnya, banyak toko online penuh dengan kesalahan desain dan kegunaan yang membuat pelanggan malas menghabiskan waktu lama untuk sekadar mengutak-atik situs.
Dalam hal ini, Steve Krug menunjukkan kepada Anda mengapa pelanggan meninggalkan situs Anda, dan apa yang perlu dilakukan guna memperbaikinya.
4. The Ultimate Marketing Plan – Dan Kennedy
Buku untuk pebisnis online selanjutnya yang wajib Anda baca ialah The Ultimate Marketing Plan. Dan Kennedy mencoba meletakkan dasar-dasar pemasaran di dunia sekarang dengan buku yang ia tulis ini.
Membaca buku ini akan memberi Anda semua arahan langkah yang dibutuhkan untuk membangun fondasi strategi pemasaran yang baik.
Mulailah dengan membaca terlebih dahulu jika Anda baru mengenal bidang bisnis sekarang ini.
5. Traction: Get A Grip On Your Business – Gino Wickman
Seperti yang diketahui, ada banyak cara untuk memasarkan suatu produk. Namun, seringkali para pebisnis bingung, manakah teknik yang paling baik dan paling memberikan hasil signifikan?
Di situlah buku ini akan memberikan Anda banyak ilmu. Traksi membawa pendekatan ilmiah dengan menunjukan kepada Anda bagaimana mencetak dan menguji berbagai saluran sebelum menemukan yang terbaik.
Buku ini akan membuat Anda menghemat banyak waktu untuk dapat memangkas saluran yang tidak efektif dalam penggunaannya.
6. Jab, Jab, Jab, Right Hook – Gary Vaynerchuk
Dalam bisnis online, tidak ada media sosial yang tidak berguna. Situs seperti Instagram sangat cocok untuk memamerkan produk.
Anda juga tentu sudah tahu bahwa Anda harus memiliki Facebook dan Twitter sebelum memulai bisnis. Untuk apa? Supaya Anda bisa menjalin pertemanan dengan pasar berbeda yang ada di Instagram.
Dengan buku Jab, Jab, Jab, Right Hook yang ditulis oleh Gary Vaynerchuk ini, Anda akan belajar bagaimana membuat strategi media sosial Anda secara langsung.
Apalagi, Gary Vaynerchuk adalah salah satu pakar terkemuka di lapangan.
7. The New Rules Of Marketing & PR – David Meerman Scott
Sementara beberapa buku sebelumnya menunjukan kepada Anda apa yang berubah dalam dunia pemasaran, buku ini memberi Anda rencana nyata, langkah demi langkah untuk memanfaatkan dan menerapkannya pada bisnis.
David Meerman Scott adalah pakar pemasaran dan penulis beberapa strategi pemasaran yang terbaik.
Dengan membaca buku ini, Anda akan menemukan alat, teknik, juga strategi untuk memasarkan bisnis Anda dengan biaya yang sangat efisien.
The New Rules Of Marketing & PR ini layak dijadikan bacaan untuk para pebisnis online zaman sekarang.
8. The Referral Engine – John Jantsch
Pelanggan pasti akan lebih mendengarkan rekomendasi dari teman dan keluarga daripada iklan, tentunya dengan alasan yang bagus. Pelanggan memercayai orang yang dikenal lebih besar dibandingkan dengan organisasi yang tak dikenal.
Itu sebabnya pemasaran dari mulut ke mulut, atau pemasaran dengan metode referensi berlangsung begitu kuat. Dengan mengajak pelanggan membicarakan produk Anda, Anda akan secara dramatis meningkatkan penjualan Anda.
John Jantsch, dari Duct Tape Marketing akan dengan senang hari menunjukannya kepada Anda bagaimana hal itu dilakukan.
Ini adalah buku untuk pebisnis online yang tidak boleh Anda lewatkan!
9. Advanced Web Metrics with Google Analytics – Brian Clifton
Jika Anda menginginkan bisnis berkembang, maka kemampuan digital marketing mutlak diperlukan. Salah satunya adalah kemampuan menganalisis berbagai situs dan media sosial yang ada.
Dalam melakukan analisis, Anda tidak dapat membicarakannya tanpa menggunakan Google Analytics. Buku Brian Clifton ini direkomendasikan sebagai satu-satunya buku yang Anda butuhkan untuk menggunakan Google Analytics.
Buku ini mengajarkan segalanya kepada Anda, mulai dari hal-hal mendasar hingga praktik terbaik. Jadi beli dan bacalah sebelum pesaing Anda melakukannya.
10. Optimize – Lee Odden
Meskipun buku ini bukan tentang metode pengoptimalan tingkat konversi, Lee Odden akan memberitahu Anda bagaimana membuat konten yang efektif dan menarik guna melibatkan pelanggan yang tepat.
Membaca buku ini akan membuat Anda mampu menarik pelanggan yang tepat berkunjung toko online Anda.
Itulah 10 buku untuk pebisnis online yang wajib dibaca jika Anda ingin usaha berkembang. Buku mana yang ingin Anda baca pertama kali? Teruslah berupaya untuk mengembangkan bisnis dimulai dari mengasah mindset.